Pemprov Gaet Lembaga Riset Dukung SEA Games

Posted: 29/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk mendukung kegiatan SEA Games XXVI tahun 2011 mendatang, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menggaet lembaga riset Markplus untuk bekerjasama, memberikan pelatihan kepada stake holder pendukung SEA Games dan masyarakat Palembang, salah satunya cara memberikan pelayanan optimal.
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, mengatakan dengan adanya markplus yang memiliki cabang baru di Palembang, akan dimanfaatkan Pemprov Sumsel untuk bekerjasama dalam hal pemberian pelatihan bagi para stake holder pelaksana SEA Games, panitia-panitia SEA Games, agar dapat memberikan pelayanan memuaskan kepada masyarakat termasuk tamu-tamu selama SEA Games.
“Kita akan bekerjasama secara maksimal, akan ada pelatihan untuk stake holder yang melaksanakan SEA Games, mulai dari polisi lalulintas, juga masyarakat Kota Palembang,” kata Gubernur, disela acara Penganugerahan Palembang Service Excellence Award (PSEA) 2010, yang diselenggarakan Markplus Inc di Hotel Horison Palembang, Sabtu (27/11).
Pasalnya kata Gubernur, event SEA Games bukan sekedar event biasa, namun merupakan event internasional bergengsi se Asia Tenggara sementara Sumsel menjadi tuan rumahnya, sehingga ia ingin Sumsel menjadi seperti Johannes Burg sebuah kota yang semula tingkat kejahatannya tinggi, namun pada saat mengadakan World Cup semua hospitality-nya luar biasa. “Kita ingin meniru Johannes Burg,” ujarnya.
Selain itu, dengan bekerjasama dengan Markplus, Gubernur berharap, Provinsi Sumsel dapat lebih dipasarkan dan dikenal lagi khususnya di tingkat nasional, salah satunya dengan banyaknya pelayanan publik yang memuaskan di Sumsel yang dinilai Markplus.
“Dengan kerjasama ini akan banyak manfaat yang didapat Sumsel dari Markplus, Markplus juga dapat lebih memasarkan Sumsel dalam segala bidang. Tapi, harus ada kejujuran di sini, kita akan apa adanya, jika ada yang jelek silahkan dinilai tapi kalau ada yang baik tolong diberikan penghargaan, dengan bisa belajar dari kritik dan saran maka kita akan perbaiki kekurangan kita,” kata Gubernur.
Sementara itu, President Markplus Inc, Hermawan Kartajaya, mengatakan, Markplus Insight adalah sebuah unit bisnis dari Markplus Inc yang bergerak dibidang riset pemasaran, telah berpengalaman luas diberbagai sektor industri baik dalam dan luar negeri untuk menjalankan berbagai jenis riset pemasaran.
“Selain mengerjakan pekerjaan riset yang bersifat adhoc untuk klien tertentu, kami juga telah melakukan berbagai riset sindikasi untuk berbagai sektor industri diantaranya perbankan, consumer good, elektronik dan lainnya, beberapa penghargaan telah kami anugerahkan sebagai apresiasi Markplus Insight atas kinerja yang baik dari para pelaku industri,” jelasnya.
Menanggapi ajakan kerjasama Pemprov Sumsel, Hermawan pun menyambut baik, pihaknya bersedia membantu Pemprov Sumsel memberikan training bagi para stake holder dan seluruh masyarakat di Palembang khususnya untuk mendukung kesuksesan SEA Games.
Menurutnya, Sumsel menjadi tuan rumah SEA Games, artinya tingkat pelayanan harus dimaksimalkan dari semua kalangan masyarakat jangan Pemdanya saja, karena host SEA Games itu masyarakat Sumsel khsusunya Palembang.
“ Kita pernah bekerjasama dengan Universitas di Singapura untuk menyiapkan Singapura sebagai tuan rumah untuk World Bank dan IMF Conference. Sumsel menghadapi SEA Games, maka pelayanan harus diutamakan, kalau servis Rumah Sakit, Bank, Mall dan lainnya tidak baik maka nanti tidak akan bagus, momentum ini harus menjadi trigger agar komponen masyarakat sadar bahwa servis itu penting,” ungkapnya.
Mengenai acara Penganugerahan Palembang Service Excellence Award sendiri, Hermawan menjelaskan, pihaknya memberikan penghargaan kepada 12 kategori pelaku industri lokal Sumsel, karena berdasarkan survey mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. “Kita melakukan penilaian tingkat kepuasan konsumsen, kita survey dan bertanya kepada masyarakat, di kategori hotel mana yang memuaskan? bidang asuransi mana ? bank mana ? dan lainnya. Penganugerahan ini pertama kali di Sumatera, yang selama ini banyak di pulau Jawa, dan ternyata memang memberikan motivasi yang bagus untuk para pelaku industri, terlebih Palembang akan jadi tuan rumah SEA Games,” jelas dia. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s