Pembangunan Wisma Atlet Butuh 190 Miliar

Posted: 29/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– Desember, Wisma Atlet Dibangun
InformasiPagi, Sumsel

Pembangunan wisma atlet sebagai sarana pendukung kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada 2011 mendatang, akan segera dibangun pada awal Desember mendatang.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PU Cipta Karya, Rizal Abdullah, Sabtu (27/11). Rizal menjelaskan, kini pembangunan wisma atlet di Jakabaring Sport City sudah memasuki proses tender di tahapan akhir, karena telah menyisakan tiga peserta tender, ia optimis awal Desember akan dilaksanakan penandatanganan kontrak kerjasama. ”Setelah diadakan penandatanganan kontrak, maka sehari sesudah itu akan dilanjutkan proses pemancangan tiang, kalau tidak ada halangan pada Rabu (1/12) nanti,” ungkap Rizal.
Lebih lanjut diterangkannya, pembangunan wisma atlet yang memiliki luas 45.895 m2 dan akan menempati areal di depan stadion Gelora Jakabaring tersebut, membutuhkan dana mencapai Rp190 Miliar yang dibebankan melalui APBN. ”Untuk penimbunan tanahnya sudah dikerjakan sejak dari sekarang, dan sekarang juga kita masih menunggu finalisasi jumlah peserta cabang olahraga (cabor) yang akan diselenggarakan di Sumsel,” jelasnya.
Rizal memaparkan, wisma atlet kapasitas Dining Hall-nya mencapai 4000 orang, dengan total luas blok 9.179 m2 terdiri luas ground floor 2.333 m2,l uas lantai tipikal 6.846 m2 dengan luas keseluruhan wisma atlet mencapai 45.895 m2. Perhitungan 1 Tower terdiri dari, lantai dasar 21 unit kamar x 6 orang total 126 orang, lantai 1 dengan 34 unit kamar x 6 orang total 204 orang, di lantai 2 berjumlah 34 unit kamar x 6 orang total 204 orang, dan lantai 3 dengan 34 unit kamar x 6 orang sehingga total 204 orang. Perhitungan jumlah kapasitas atlet 1 tower sama dengan 738 orang, sehingga total 5 tower wisma atlet dikali 738 Orang sama dengan 3690 orang.
”Pembangunan wisma atlet ini ditargetkan rampung sebelum pelaksanaan SEA Games yaitu sebelum November tahun 2011 mendatang, yaitu sekitar Juli tahun depan,” pungkasnya.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menjelaskan, usai pelaksanaan SEA Games Wisma Atlet akan dimanfaatkan sebagai penginapan siswa Sekolah Olahraga Sriwijaya (SOS), dan juga dikomersialka untuk kegiatan-kegiatan tertentu. ”Wisma Atlet ini akan menjadi wisma atlet termegah di Indonesia, yang mampu menampung 4000 atlet, yang akan makan secara bersamaan dalam satu ruangan,” kata Alex.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s