Kasus DBD di Sumsel Turun Drastis

Posted: 29/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam empat tahun terakhir mengalami penurunan, pada 2007 mencapai 3.487 kasus dan pada 2010 tinggal sekitar 990 kasus.
Hal ini terungkap dalam acara peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke-46 dan pencanangan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue (GERTAK PSN-DBD) di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang, kemarin, Jumat (26/11).
Dalam sambutannya, Ketua kegiatan HKN ke-46 dan pencanangan GERTAK PSN-DBD, dr Fenty Aprina MKes mengatakan, peringatan HKN yang ke-46 tingkat Provinsi Sumsel mengambil tema ’Keluarga Sehat, Investasi Bangsa’, yang mengandung makna, keluarga memiliki peranan dalam meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat, bangsa dan negara.
Lebih lanjut katanya, berdasarkan data yang dihimpun Dinkes Sumsel, setiap tahun jumlah kasus DBD di Sumsel mengalami penurunan, hal ini terbukti pada 2007 lalu jumlah kasus DBD di Sumsel mencapai 3.487 kasus, dengan 13 kasus kematian (CFR,04%), tapi pada 2008 menurun menjadi 2.360 kasus DBD dengan jumlah kematian 10 orang (CFR,0,42%).
”Di tahun 2009 jumlah kasus DBD menurun hingga 1.854 kasus dengan 6 kematian (CFR,0,32%), dan hingga Oktober 2010 ini kasus DBD turun drastis menjadi hanya 990 dengan tiga orang meninggal dunia (CFR, 0,32%),” ungkap Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Sumsel ini.
Namun kata Fenty, meski jumlah kasus mengalami penurunan, Dinkes Sumsel harus tetap waspada dan terus berupaya menekan jumlah kasus DBD di sumsel, sehingga tidak menjadi permasalahan bagi Sumsel. Upaya-upaya penekanan kasus tersebut, antara lain dengan menerbitkan surat edaran Gubernur Sumsel tentang kewaspadaan DBD, yang mengimbau kelompok kerja operasional pemberantasan sarang nyamuk DBD (Pokjanal PSN-DBD) tingkat kabupaten/kota kecamatan dan para kelompok kerja DBD tingkat kelurahan atau desa.
“Kita juga melakukan sosialisasi, penyuluhan tentang penyakit DBD dan gerakan 3M juga melalui media massa serta elaktronik, serta mendistribusikan bantuan ke kabupaten/kota seperti lima unit mesin fogging, 5000 Kg bubuk iarvasida, 2000 liter insektisida, 2225 rapied tes DBD dan roll uo banner DBD sebanyak 37 buah,” jelas dia.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyampaikan, kesehatan adalah faktor terpenting dalam kehidupan, sering orang baru menghargai kesehatannya ketika sedang sakit saja. Untuk itulah, anugrah kesehatan harus disyukuri dengan menjaganya agar tidak jatuh sakit, namun orang yang sehat belum tentu bugar sehingga selain mengonsumsi makanan bergizi harus diiringi dengan olahraga agar bugar.
“Ke depan target angka harapan hidup Sumsel harus 72 tahun, kemudian Sumsel juga akan berusaha menurunkan angka kematian bayi menjadi 24 per 1.000 kelahiran, serta kematian ibu saat melahirkan diturunkan 118/100 ribu kelahiran,” kata Gubernur optimis.
Untuk mewujudkannya, perlu adanya peningkatan fasilitas sarana prasarana dan infrastruktur kesehatan, dan Sumsel sedang mengarah ke peningkatan fasilitas, sarana prasarana tersebut, dengan membangun rumah sakit daerah provinsi Sumsel di bekas Rumah Sakit Enardi bahar, juga membangun rumah sakit jiwa berstandar internasional Ernaldi Bahar, semua pelayanan itu gratis untuk rakyat Sumsel,” katanya.
Disela acara kemarin, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyerahkan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan dan pemenang lomba rangkaian kegiatan HKN lainnya, Gubernur juga memberikan bantuan ke kabupaten/kota di Sumsel, berupa mesin fogging, bubuk iarvasida, insektisida tes DBD dan roll uo banner DBD. Spesialnya, kemarin, Gubernur berjanji akan mengumrohkan tenaga kesehatan teladan yang terpilih.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s