Desember, Pemprov Bayar Ganti Rugi Lahan Tegal Binangun

Posted: 29/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

– Nilai Ganti Rugi Lahan Tegal Binangun Jakabaring Ditentukan
– Pemprov Gandeng Konsultan Publik Tentukan Nilai Ganti Rugi Lahan
InformasiPagi, Sumsel

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menggandeng pihak ketiga yaitu konsultan publik, untuk menentukan nilai ganti rugi tanah untuk kebutuhan SEA Games XXVI di kawasan Jakabaring Sport City. Nilai ganti rugi tanah di Ring I Tegal Binangun Jakabaring ditentukan minimal Rp90 ribu/m2 maksimal Rp126 ribu/m2.
Demikian terungkap dalam rapat musyawarah besarnya nilai ganti rugi tanah di kawasan Jakabaring Palembang oleh Pemprov Sumsel, di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel, kemarin, Kamis (25/11). Rapat yang berlangsung tertutup bagi wartawan, dihadiri masyarakat yang tanahnya akan diganti rugi.
Usai rapat, Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sumsel, Mulyadin Roham SH MSi mengatakan, dalam menentukan harga ganti rugi tanah yang akan dibebaskan, Pemprov Sumsel menggunakan jasa konsultan publik Anas Karim Rivai dan rekan. Berdasarkan hasil penilaian konsultan publik tersebut, ganti rugi tanah ring I di Tegal Binangun Jakabaring seluas 1,2 hektar, harga terendahnya Rp90 ribu/m2 dan tertinggi Rp126 ribu/m2.
“Jadi, panitia tidak lagi melakukan penilaian, yang melakukan itu lembaga independen konsultan publik ini, dan dari hasil penilaian mereka kita musyawarahkan dengan masyarakat. Nilai ambang atas dan bawahnya mengacu kepada angka itu, akhirnya ditetapkan di bagian depan harganya Rp126 ribu/m2, dan dibagian belakang Rp120 ribu/m2,” kata Mulyadin.
Menurutnya, secara umum masyarakat yang jumlahnya 20 KK sudah menyepakati nilai ganti rugi lahan milik mereka yang akan dimanfaatkan Pemprov Sumsel, sesuai dengan penilaian konsultan publik yang ditunjuk. “Realisasi pembayarannya kita lakukan pada Desember mendatang, karena akan segera dibangun jalan lingkar,” jelasnya.
Setelah menyelesaikan penyepakatan nilai ganti rugi tanah di ring I Tegal Binangun Jakabaring, pihaknya segera menyelesaikan penyepakatan nilai ganti rugi tanah di ring II Tegal Binangun Jakabaring dengan luas dua hektar lebih, yang diperuntukkan jalan tembusan ke GOR Jakabaring untuk menghindari kemacetan. “Seluruh pembebasan lahan di kawasan Jakabaring yang akan dimanfaatkan untuk SEA Games, Pemprov Sumsel menggunakan konsultan publik, guna menentukan nilai ganti ruginya,” ujarnya.
Sementara itu, salah satu warga Halimah mengatakan, dirinya memiliki 10 kapling tanah yang akan digantirugi Pemprov Sumsel, dan merupakan kapling terbanyak dari warga lainnya. Namun, berbeda dengan Pemprov Sumsel, ia tidak menyepakati nilai ganti rugi yang ditawarkan Pemprov Sumsel yang sebesar Rp126 ribu/m2, ia meminta Rp250 ribu/m2. “Belum ada kesepakatan, karena akan ada rapat lagi,” katanya yang tidak mau berkomentar banyak.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s