Perpustakaan Pemprov Sumsel Minim Pengunjung

Posted: 25/11/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

– Perpustakaan Pemprov Sumsel Butuh Pembenahan

InformasiPagi, Sumsel

Perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) di Kantor Gubernur, hingga kini masih minim pengunjung. Perpustakaan Pemprov Sumsel tersebut membutuhkan pembenahan dan penambahan referensi agar lebih nyaman sehingga minat pengunjung meningkat.
Pantauan BeritaPagi kemarin Senin (22/11), di Perpustakaan Pemprov Sumsel di lantai II dekat ruang Biro Kesejahteraan Pemprov Sumsel, kondisi perpustakaan memang perlu dilakukan pembenahan, terlihat beberapa rak buku yang usang, pendingin udara yang tidak begitu terasa dan ruangannya yang terlihat sempit.
Kepala Biro Ortala Pemprov Sumsel, Juharman SSos melalui Kasubag Perpustakaan Biro Ortala Pemprov Sumsel, Hj Eva Rahma Dewi SH mengatakan, perpustakaan Pemprov Sumsel memiliki sekitar 9.600 eksemplar buku dengan sekitar 7.000 judul buku, baik dari buku sosial, sejarah, pemerintahan, hingga ke buku tentang perundang-undangan. Namun, jumlah buku tersebut terakhir ditambah pada 2005 lalu, hanya buku tentang perundang-undangan saja yang sering diupdate karena dikirim langsung dari Pemerintah Pusat.
“Perpustakaan ini buka setelah apel pagi dan melayani simpan pinjam sampai jam tiga, dan memang sejauh ini minat pengunjungnya masih minim, sekitar 20-25 pengunjung saja per harinya, yang mayoritas membaca koran dan majalah. Selain dari kalangan PNS, pengunjung juga datang dari kalangan mahasiswa untuk membuat skripsi atau tesis,” ungkap diwawancara disela menata buku-buku di perpustakaan.
Pihaknya berharap, ke depan perpustakaan ini dapat direnovasi agar lebih nyaman dan juga diperluas, sehingga daya tarik pengunjung khususnya kalangan PNS lebih banyak dari sebelumnya. Pihaknya juga telah memiliki konsep untuk menggaet para pengunjung dengan memberikan reward, namun belum dilaksanakan.
“Kita berharap paling tidak kondisi perpustakaan ini direnovasi, fasilitas dapat diperbaharui, atau kalau bisa dipindahkan ke lokasi lain yang mudah diakses dan dilihat PNS, karena selama ini mungkin PNS kurang berminat karena harus menaiki tangga ke lantai II,” jelasnya.
Sementara itu, salah satu pustakawan di Perpustakaan milik Pemprov Sumsel, Zuhroh Fatmah menambahkan, perpustakaan milik Pemprov Sumsel dikelola tiga orang pustakawan atau pegawai fungsional dan satu orang pegawai strutural. “Perpustakaan milik Pemprov Sumsel ini sudah ada sejak tahun 1981 silam, yang dulu perpustakaan ini di bawah Biro Hukum tapi sekarang di bawah Biro Ortala,” jelasnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s