2011, Satgas Kebersihan Dianggarkan Rp3 M

Posted: 25/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Selama ini satuan tugas (satgas) pemeliharaan dan kebersihan aset Pemprov Sumsel, belum memiliki alokasi anggaran khusus dari APBD Provinsi Sumsel. Anggaran operasional didapatkan dari pos bantuan Gubernur, dan untuk perlengkapan sementara ini atas bantuan dari beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkungan Pemprov Sumsel.
Kepala Satgas Pemeliharaan dan Kebersihan Aset Pemprov Sumsel, H Rusli Nawi menjelaskan, beberapa SKPD yang membantu perlengkapan satgas kebersihan itu seperti Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumsel dan Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumsel, untuk bibit dan tanaman dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan, dan Holtikultura (TPH) Provinsi Sumsel juga Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel.
“Sementara ini kita memang belum memiliki pendanaan tetap dan meminta bantu kepada beberapa SKPD yang ada, tapi pada 2011 mendatang kita sudah memiliki anggaran khusus dari APBD Provinsi Sumsel yaitu sekitar sebesar Rp3 Miliar,” ungkap Rusli yang juga menjabat Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Pembangunan ini.
Ia menjelaskan, dana tersebut untuk pemeliharaan dan pembersihan seluruh venues SEA Games dan aset Pemprov Sumsel baik di Seberang Ilir dan juga di Seberang Ulu. “Jadi bukan hanya Gelora Sriwijaya Jakabaring saja, tapi juga termasuk di Seberang Ilir, seperti kolam renang, indoor basket, lapangan tembak, gaji para pekerja, pembelian peralatan dan lainnya, sehingga totalnya mencapai Rp3 Miliar itu,” jelasnya.
Pada 2011 juga sambung Rusli, pihaknya akan menambah lagi jumlah pekerja, pasalnya sudah mendekati SEA Games sehingga SDM harus diperbanyak untuk menjaga dan memelihara kebersihan selama SEA Games dan pasca SEA Games. “Sekarang jumlah pekerja kita sekitar 150 orang, dan akan ditambah sekitar 100-200 pekerja lagi, saya rasa penambahan itu nantinya sudah mampu mengcover seluruh aset yang ditangani kita,” katanya lagi.
Rusli menjelaskan, para pekerja kebersihan dan pemeliharaan tersebut, diberikan gaji Rp25 ribu per hari, dengan jam kerja sejak pukul 08.00-15.00 sore. Pada 2011 gaji yang akan dinaikkan menjadi Rp30 ribu per hari, karena para pekerja akan bekerja 24 jam dengan sistem bekerja dua shift, agar selama SEA Games kebersihan venues terjaga.
Terakhir ia memastikan, tugas satgas kebersihan milik Pemprov Sumsel ini tidak akan tumpang tindih dengan petugas dinas kebersihan kotamadya, karena petugas kebersihan kotamadya mengcover di luar aset Pemprov Sumsel, sementara satgas kebersihan Pemprov Sumsel akan menangani kebersihan di area aset Pemprov Sumsel.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s