Tim Disiplin Pegawai Temukan 9 PNS Bolos

Posted: 20/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Akhirnya tim pengawas disiplin pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan Pemprov Sumsel, telah melaporkan data pegawai molor kerja pasca Hari Raya Idul Adha 1431 H kepada Sekretaris Daerah Pemprov Sumatera Selatan, H Yusri Effendi Ibrahim. Didapati sembilan PNS tidak masuk kerja tanpa keterangan.
”Berdasarkan laporan tim yang memantau dari beberapa SKPD yang dipantau, ada sembilan PNS yang tidak masuk tanpa keterangan, PNS tersebut dari Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) yang berjumlah sekitar 62 orang,” ungkap Sekda saat diwawancara di Kantor Gubernur, kemarin, Jumat (19/11).
Selain BPMD, laporan dari beberapa SKPD lainnya tidak ada yang tidak masuk tanpa keterangan, seperti di RS Ernaldi Bahar 320 PNS tidak ada yang tidak masuk tanpa keterangan, hanya ada dua, dua sakit dan 15 PNS dinas luar. Untuk Dinas Perkebunan Sumsel, ada satu dinas luar, satu sakit dan dua izin dari total 146 PNS. ”Untuk SKPD lainnya sedang diproses di BKD,” katanya.
Namun pihaknya bersyukur, secara keseluruhan hanya nol koma sekian persen PNS lingkungan Pemprov Sumsel yang melanggar atau tidak masuk tanpa keterangan, dan ada juga PNS yang tidak masuk dengan menyertai surat keterangan. Jika dibandikan pengalaman pada Hari Raya Idul Fitri 1431 H lalu, presentase kehadiran PNS ini termasuk baik pasalnya libur Hari Raya Idul Fitri 1431 H lalu termasuk lama, berbeda dengan libur Hari Raya Idul Adha 1431 H kali ini yang hanya libur satu hari yaitu hari lebarannya saja, setelah itu masuk bekerja seperti biasa.
Sekda menegaskan, sembilan PNS BPMD yang melanggar tersebut akan segera dimintai keterangan apa alasan tidak masuk tanpa keterangan dan juga diberikan surat teguran, dan mengacu kepada peraturan pemerintah nomor 30, PNS yang melanggar akan diberikan sanksi yang beragam sesuai tingkat kesalahan.
Yusri menuturkan, data PNS yang bolos kerja ini memang sengaja dipublikasikannya demi memperbaiki citra PNS dimata masyarakat, dan juga untuk meningkatkan disiplin PNS khususnya lingkungan Pemprov Sumsel. ”Tidak ada masaalah, kita buka saja demi kebaikan semua,” ungkapnya.
Sebelumnya, Sekretaris Inspektorat Provinsi Sumsel, Hj Lukitariati menegaskan, jika ada salah satu PNS lingkungan Provinsi Sumsel yang bolos atau molor masuk kerja dari waktu yang telah ditentukan, pihaknya dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel akan menerima laporan dari Kepala SKPD lingkungan Pemprov Sumsel, dan akan dipelajari pihaknya terlebih dahulu, dimintai keterangan, lalu akan direkomendasikan ke Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang berwenang memberikan sanksi, dan akan ditindaklanjuti inspektorat. “Sanksinya bervariasi, tergantung tingkat pelanggaran disiplin yang dilakukan, mulai sanksi teguran, tertulis dan pemberhentian, yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) tentang disiplin PNS,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s