Pemprov Turunkan Tim, Pantau Kedisiplinan PNS

Posted: 20/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Keseriusan Pemprov Sumsel untuk menegakkan disiplin semakin terlihat, pasalnya kemarin Kamis (18/11) Pemprov Sumsel telah menurunkan tim pengawas disiplin pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan Pemprov Sumsel, untuk mengecek tingkat kehadiran PNS pasca Lebaran Idul Adha 1431 H.
“Kita sudah turunkan tim ke lapangan untuk mengecek kedisiplinan para PNS lingkungan Pemprov Sumsel, saya akan dapatkan laporannya sore nanti (kemarin-red). Setelah mendapatkan laporan baru kita tahu apa ada yang tidak disiplin dan molor masuk kerja,” ungkap Plt Sekretaris Daerah (sekda) Provinsi Sumsel, H Yusri Effendi Ibrahim SH MM diwawancara di Kantor Gubernur, kemarin Kamis (18/11).
Tim yang ditunjuk langsung Sekda Provinsi Sumsel ini terdiri dari unsur inspektorat dan juga badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel, tim berjumlah sekitar enam orang yang akan memantau ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan Pemprov Sumsel.
Menurut Sekda, kedisiplinan PNS khususnya pasca libur Hari Raya Idul Adha 1431 H yang hanya satu hari memang perlu dipantau, agar PNS tidak bolos atau molor kerja, terkecuali PNS tersebut meminta izin atau sedang bertugas. “Saya tidak melakukan sidak, tim yang akan turun, selain itu masing-masing kepala SKPD juga sudah diberikan arahan untuk mengecek kehadiran stafnya masing-masing,” jelas Sekda.
Jika memang setelah dicek ternyata ada yang bolos maka PNS tersebut akan ditegur, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 30, dengan sanksi yang beragam dan bertahap sesuai tingkat kesalahan. “Kalau berdasarkan pengalaman pada Hari Raya Idul Fitri 1431 H lalu, presentase kehadirannya bagus karena liburnya panjang, berbeda dengan libur Hari Raya Idul Adha 1431 H kali ini yang hanya libur satu hari yaitu hari lebarannya saja, setelah itu masuk bekerja seperti biasa,” terang dia.
Sementara itu, Sekretaris Inspektorat Provinsi Sumsel, Hj Lukitariati juga sempat menyampaikan, jika ada salah satu PNS lingkungan Provinsi Sumsel yang bolos atau molor masuk kerja dari waktu yang telah ditentukan, pihaknya dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel akan menerima laporan dari Kepala SKPD lingkungan Pemprov Sumsel tersebut untuk ditindaklanjuti.
Pihaknya berharap, PNS Pemprov Sumsel masuk kerja seperti yang ditentukan, pasalnya surat edaran tentang libur hari raya atau jadwal cuti bersama sudah dan selalu dikeluarkan/diinformasikan sebelumnya. ”Kalau ada laporan PNS tidak masuk kerja tidak serta merta ditindak, tapi akan dipelajari terlebih dahulu, dimintai keterangan, lalu akan direkomendasikan ke Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang berwenang memberikan sanksi, dan akan ditindaklanjuti inspektorat,” katanya.
Sanksinya yang diberikan, mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) tentang disiplin PNS, sanksinya pun bervariasi, tergantung tingkat pelanggaran disiplin yang dilakukan, mulai sanksi teguran, tertulis dan pemberhentian. Namun, ia bersyukur, dalam dua tahun terakhir ini PNS di lingkungan Pemprov Sumsel belum ditemui ada yang melanggar karena molor masuk saat libur hari raya, sehingga belum ada yang disanksi.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s