Tarian dan Lagu Khas Sumsel Segera Dipatenkan

Posted: 18/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , , , ,

– Daerah Diminta Cepat Kirimkan Video Tarian Khas Sumsel
InformasiPagi, Sumsel

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel, meminta Dinas Pariwisata dan dewan kesenian daerah se Sumsel agar lebih cepat mengirimkan dokumentasi berupa video tarian khas daerah masing-masing ke Balitbangda Sumsel untuk dapat dipatenkan.
“Kita sudah sekitar dua bulan menunggu kabupaten/kota untuk mengirimkan dokumentasi video tari-tarian khas daerah, setelah semua terkumpul kita akan daftarkan ke Dirjen HKI (hak kekayaan intelektual) dan diteruskan ke Kementrian Pariwisata RI,” kata Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel, Ekowati Retnaningsih, di wawancara disela open house di Griya Agung, kemarin, Rabu (17/11).
Pasalnya kata Ekowati, budaya Sumsel seperti tari-tarian dan lagu-lagu khas Sumsel harus dilindungi, sehingga tidak diklaim Provinsi atau Negara lain. Untuk itulah Balitbangda melakukan inventarisasi bekerjasama Dinas Pariwisata dan dewan kesenian se Sumsel. “Tahap pertama ini tari-tarian dan lagu-lagu, untuk lagu-lagu telah diidentifikasi dewan kesenian, tari-tarian kita kerjasama Dinas Pariwisata kabupaten/kota. Kita ingin melindungi budaya kita, agar nanti tidak diklaim orang, jangan sampai sudah diklaim baru ribut,” katanya lagi.
Ia menuturkan, seluruh tarian dan lagu khas Sumsel di 15 kabupaten/kota akan didaftarkan ke Dirjen HKI dan diteruskan ke Kementrian Pariwisaya RI, namun pendaftaran itu tidak dapat hanya menyebut nama tarian atau lagu, melainkan juga berupa rekaman video yang memperlihatkan pakaian dan cara menari dari awal hingga akhir. “Jadi, kita mohon kabupaten/kota dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga Dewan Kesenian, agar lebih cepat mengirimkan CD tari-tarian itu,” pintanya.
Ekowati menjelaskan, setelah didaftarkan ke pusat maka pemerintah pusat akan memverifikasi ajuan dari Sumsel tersebut, untuk dicek apakah sudah ada provinsi lain yang mengakuinya. Jika sudah ada yang mengakui maka pemerintah pusat akan menentukan siapa provinsi yang memiliki tarian atau lagu tersebut. Namun, jika setelah di cek dan diumumkan tidak ada yang mengakui, maka tari-tarian atau lagu tersebut sepenuhnya milik Sumsel.
“Kita targetkan akhir November ini tari-tarian dan lagu Sumsel sudah sampai ke kita, dan paling lambat Desember 2010 mendatang kita sudah daftarkan ke Dirjen HKI. Untuk mempercepat itu, kita sedang menyiapkan surat dari Gubernur Sumsel untuk mengingatkan kembali kabupaten/kota agar segera mengirimkan CD yang diminta, karena saya kira untuk menyiapkan itu tidaklah sulit, misalnya ada acara resmi segera didokumentasikan tari-tarian atau lagu itu,” tutupnya.agustian pratama

Advertisements
Comments
  1. hendra says:

    cara download tarian daerah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s