Sumsel Targetkan Tanam 100 Juta Pohon

Posted: 17/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemerintah pusat mencanangkan program tanam satu milyar pohon untuk dunia, berdasarkan dari data pemerintah pusat, Provinsi Sumsel satu-satunya provinsi yang menanam jumlah terbanyak yang hingga November mencapai 71 juta pohon tertanam. Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumsel menargetkan, hingga Desember telah tertanam 100 juta pohon.
Hal ini diungkapkan Kepala Dishut Provinsi Sumsel, Sigit Wibowo diwawancara di Kantor Gubernur, kemarin, Senin (15/11). Pihaknya kata Sigit, tengah berkonsentrasi dengan penyelenggaraan program satu milyar pohon yang dicanangkan pemerintah pusat. Untuk mewujudkan itu, di Sumsel kegiatan penanaman tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun juga menggandeng berbagai pihak mulai dari HTI (hutan tanaman industri), HTR (hutan tanaman rakyat), masyarakat menanam dan lainnya.
“Untuk sementara ini, sudah tercatat 71 juta pohon tertanam di Sumsel, dari kurun waktu Februari 2010 sampai dengan pertengahan November 2010 ini. Angka ini juga disampaikan oleh pemerintah pusat di Jakarta, yang mengatakan Sumsel provinsi paling banyak menanam pohon,” jelasnya.
Menurut Sigit, puncak kegiatan menanam satu milyar pohon ini akan dilakukan sekitar akhir November 2010 atau pada awal Desember 2010, yang akan dicanangkan langsung secara nasional oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono. Pencanangan ini secara nasional dan serentak dilakukan oleh kabupaten/kota di provinsi di Indonesia.
“Kegiatan penanamannya sudah dimulai setiap satu tahun mulai Februari sampai Desember, dan sekarang Sumsel sudah sampai 71 tanaman pohon, penanaman terbanyak di Sumsel pada kegiatan mitra HTI di Muba, Lahat, Muara Enim, Banyuasin dan OKI. Kita menargetkan dan harapkan hingga akhir Desember 2010 mendatang, Provinsi Sumsel mampu menanam hingga 100 juta pohon,” katanya optimis.
Namun, untuk mencapai target tersebut, pihaknya tidak memaksakan dan menentukan kepada kabupaten/kota berapa besaran jumlah yang harus ditanam, dan tergantung kemampuan daerah itu sendiri, jenis pohonnya pun tidak ditentukan. “Kita ingin berbuat semaksimal mungkin, sehingga, target 100 juta pohon tertanam di tahun ini tercapai, kita imbau kabupaten/kota juga terus menanam, apapun jenis pohonnya pokoknya menanam,” pinta dia.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, juga melakukan penanaman pohon di Jakabaring Sport City berjumlah 1.000 pohon jenis trembesi. Penanaman pohon tersebut merupakan tahap awal gerakan penanaman 1 juta pohon di seluruh daerah di Sumsel bekerjasama pemda setempat, yang masing-masing kabupaten/kota diminta menanam 1 juta pohon.
Menurut Alex, jika satu daerah menanam 1 juta pohon, artinya ada 16 juta pohon baru yang akan ditanam di Sumsel, sehingga program Pemprov Sumsel menghijaukan Provinsi Sumsel akan terwujud. Untuk di Kota Palembang, penghijauan akan difokuskan di kawasan Jakabaring Sport City dan kawasan lokasi Venue SEA Games lain yang totalnya seluas 325 hektar.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s