Sriwijaya Air Palembang Optimis Terbangi Rute Kuala Lumpur

Posted: 17/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Karena ada beberapa permasalahan dengan peraturan baru yang diterapkan mendadak dilakukan pihak Malaysia, membuat maskapai penerbangan Sriwijaya Air Palembang belum dapat menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur. Sriwijaya Air Palembang tetap optimis sebelum Desember sudah menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur.
Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumsel, Ir H Sarimuda MT mengatakan, berdasarkan komunikasi terakhir dengan pihak Sriwijaya Air Palembang tentang kepastiannya menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur, maskapai penerbangan Sriwijaya Air Palembang tengah menyelesaikan proses tempat penjualan tiket di Kuala Lumpur dan proses lainnya, sehingga belum dapat beroperasional.
“Sudah saya tanyakan kapan pastinya, Sriwijaya Air Palembang tetap berkomitmen secepatnya beroperasi, dan saya rasa itu hal yang wajar karena mereka masih menyelesaikan proses salah satunya tempat penjualan tiket itu, karena kalau belum ada tempat penjualan tiketnya bagaimana orang mau beli tiketnya,” jelas Sarimuda Sabtu (13/11).
Pihaknya kata Sarimuda, beberapa hari ke depan akan membuat surat secara resmi dengan pihak Sriwijaya Air Palembang, untuk menanyakan kepastian Sriwijaya Air Palembang beroperasi, dan juga meminta jawaban resmi dari pihak Sriwijaya Air Palembang. “Apakah tetap akan beroperasi pada November ? ataukah ada kendala yang dihadapi untuk diselesaikan,” katanya.
Sementara itu, District Manager Sriwijaya Air Palembang, Joni mengatakan, hingga kini pihaknya belum dapat memastikan kapan jadwal pasti Sriwijaya Air akan menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur, pasalnya ada perubahan aturan yang diterapkan pihak Malaysia.
“Semula, rencananya kita hanya tinggal finishing saja dan kemudian mulai beroperasi, tapi karena ada aturan main yang baru dan ketentuan baru dari pihak Malaysia, terpaksa kita mulai dari awal lagi, sehingga sekarang masih dalam progres penyelesaian ketentuan baru itu,” kata Joni.
Sekali lagi ia menjelaskan, pihaknya belum dapat memastikan kapan jadwal penerbangan Palembang-Kuala Lumpur dapat dilaksanakan, namun pihaknya tetap menargetkan paling tidak akhir November Sriwijaya Air sudah dapat beroperasional. “Target kita tetap sebelum Desember sudah bisa operate,” katanya optimis.
Sebelumnya, Direktur Komersil Sriwijaya Air, Toto Nursatyo menjelaskan, rencana penerbangan Sriwijaya Air rute Palembang-Kuala Lumpur tiga kali satu minggu. Pihaknya berharap, dengan adanya kerjasama dengan Pemprov Sumsel ini, pasar penerbangan ke Kuala Lumpur akan tumbuh.
“Saya harap akan ada market growth, karena jika dilihat animo tujuan ke Kuala Lumpur pada tahun lalu, per harinya bisa tembus 100 orang, dalam satu bulan bisa mencapai 3.000 penumpang. Nah, saat ini diterapkan tiga kali seminggu, mudah-mudahan seat akan terpenuhi, sehingga Pemprov tidak perlu mengeluarkan subsidi,” jelas dia.
Toto mengakui, akan ada sharing profit atau bagi hasil antara Sriwijaya Air dan Pemprov Sumsel, namun, pihaknya belum dapat memberitahu nominalnya karena akan dibahas lebih lanjut. “Tarifnya juga belum kita desain, tapi tentunya akan menarik dan terjangkau, kalau tarif ke Palembang-Jakarta-Kuala Lumpur bisa mencapai 200 USD, kita tidak akan sampai sebesar itu,” kata dia.
Seperti diketahui pada pemberitaan sebelumnya, setelah mendapatkan izin penerbangan dari Kuala Lumpur Malaysia dan Indonesia, rencananya November 2010 ini, maskapai penerbangan Sriwijaya Air akan menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur. Penerbangan Palembang-Kuala Lumpur yang terselenggara atas kerjasama Sriwijaya Air dan Pemprov Sumsel diyakini akan saling menguntungkan. Bahkan, Pemprov Sumsel sendiri telah merekrut dan menyiapkan para pramugari/pramugara.agustian pratama

Comments
  1. lien says:

    Kpn dunk dah hampir desember blm jg ada kbrnyea??

    • hehehe … lien … nanti kami tanyakan lagi yah ke pihak dishub, pihak sriwijaya air .. sebab belum ketemu-ketemu sampe sekarang… makasih atas minat mampir kesini dan update informasi di sini, nanti minggu-minggu ini akan kami tindak lanjuti.

  2. anan says:

    ASAP kasi infonya ya… !!

  3. saifudin says:

    gma mas mbak…ko blm ada kepstian terbangnya plm/kul

  4. Iman says:

    salam,,
    mana nich udah january tapi kok penerbangan kuala lumpur palembangnya belum ada2,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s