SKPD Diminta Laporkan PNS Molor

Posted: 17/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Hari Raya Idul Adha 1431 H ditetapkan pemerintah pada Rabu 17 November 2010, pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan Pemprov Sumsel diminta untuk tidak molor masuk kerja.
Berdasarkan informasi yang dihimpun BeritaPagi di lapangan, salah satunya dari Biro Organisasi dan Tata Laksana Provinsi Sumsel, disebutkan surat edaran hari libur dan cuti bersama dengan nota dinas Nomor: ND/948/X/2010 pada tanggal 15 Juni 2010 telah disampaikan ke seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkungan Pemprov Sumsel. Dalam surat edaran tersebut disebutkan, libur PNS Pemprov Sumsel pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1431 H hanya satu hari yaitu tanggal 17 November 2010.
Terpisah, ditemui di ruang kerjanya kemarin, Senin (15/11). Sekretaris Inspektorat Provinsi Sumsel, Hj Lukitariati menjelaskan, jika ada salah satu PNS lingkungan Provinsi Sumsel yang bolos atau molor masuk kerja dari waktu yang telah ditentukan, pihaknya dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel akan menerima laporan dari Kepala SKPD lingkungan Pemprov Sumsel tersebut untuk ditindaklanjuti.
Pihaknya berharap, PNS Pemprov Sumsel masuk kerja seperti yang ditentukan, pasalnya surat edaran tentang libur hari raya atau jadwal cuti bersama sudah dan selalu dikeluarkan/diinformasikan sebelumnya. ”Kalau ada laporan PNS tidak masuk kerja tidak serta merta ditindak, tapi akan dipelajari terlebih dahulu, dimintai keterangan, lalu akan direkomendasikan ke Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang berwenang memberikan sanksi, dan akan ditindaklanjuti inspektorat,” katanya.
Sanksinya yang diberikan, mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) tentang disiplin PNS, sanksinya pun bervariasi, tergantung tingkat pelanggaran disiplin yang dilakukan, mulai sanksi teguran, tertulis dan pemberhentian. Namun, ia bersyukur, dalam dua tahun terakhir ini PNS di lingkungan Pemprov Sumsel belum ditemui ada yang melanggar karena molor masuk saat libur hari raya, sehingga belum ada yang disanksi.
Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel Eddy Yusuf pernah memberikan imbauan, agar PNS Pemprov Sumsel patuh terhadap aturan yang telah ditentukan dan masuk kerja sesuai ketentuan. PNS dimintanya terus disiplin, namun jika ada yang tidak disiplin Sekda akan melakukan pembinaan. “Jika ada yang molor, pembinaan pegawai itu kita serahkan kepada pak Sekda, namun dalam penghukuman, tata tertib disiplinnya tetap dalam keputusan guebrnur, saya harap semua masuk kerja seperti yang ditentukan,” harapnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s