Pemimpin Harus Miliki Jiwa Enterpreneurship

Posted: 17/11/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

– Kelola Pemerintahan Dengan Jiwa Enterpreneurship

InformasiPagi, Sumsel

Untuk meningkatkan daya saing daerah, seorang pemimpin haruslah memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola pemerintahan, salah satunya memiliki jiwa enterpreneurship.
Demikian diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin pada acara pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) XXIV kelas G, kerjasama Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dengan Pemprov Sumsel, di aula Bandiklat Provinsi Sumsel, Senin (4/10). Diklatpim XXIX kemarin, diikuti 105 peserta dari berbagai instansi baik pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, yang diadakan selama 10 minggu mulai dari 4 Oktober-11 Desember 2010.
Menurut Gubernur, Diklatpim akan sangat bermanfaat bagi para pejabat, memberikan wawasan, meningkatkan daya saing dan lainnya. Namun, untuk meningkatkan daya saing tersebut tidaklah sulit, salah satunya cukup mengelola pemerintahan dengan cara enterpreneurship seperti yang dilaksanakan Pemprov Sumsel.
“Dalam membangun khususnya membangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang SEA Games XXVI November 2011 mendatang yang dananya mencapai Rp1,6 Triliun, Pemprov Sumsel menerapkan pola enterpreneurship, dengan meminta bantuan pihak ketiga melalui sistem BOT, dana hibah dan lainnya. Hanya sedikit menggunakan dana APBD yaitu sekitar Rp60 Miliar saja, karena jika mengandalkan APBD tidak akan mencukupi, biarkan APBD digunakan untuk keperluan mayarakat,” katanya.
Dengan Pemprov Sumsel berani menerapkan pola enterpreneurship tersebut, dan menyiapkan segala fasilitas terbaik, membuat Pemprov Sumsel dianggap layak dan ditunjuk menjadi tuan rumah SEA Games XXVI. “Event internasional SEA Games nantilah yang akan menaikkan daya saing atau bargaining power Provinsi Sumsel dan Indonesia di mata dunia. Jadi peningkatan daya saing ini bisa dilakukan dengan mengelola pemerintahan dengan jiwa enterpreneurship,” pesan Alex.
Gubernur juga mengatakan, selain memiliki jiwa enterpreneurship dalam memimpin, seorang pemimpin juga harus memiliki keyakinan kuat untuk berhasil, optimis dan disiplin. “Saya juga mengikuti pendidikan dan pelatihan seperti ini sejak awal menjabat golongan II, hingga saya menjabat sebagai Gubernur seperti sekarang,” katanya.
Alex mengusulkan, setelah dilakukannya Diklat selama 10 minggu tersebut, perlu ada praktek kerja lapangan bagi peserta diklat, dengan mempelajari pola kerja pemerintahan dan pelayanan publik yang baik di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.
Sementara itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI DR Asmawi Rewansyah MSc mengatakan, kata kunci pembangunan yang berjalan baik adalah lingkungan yang kondusif, lingkungan kondusif harus diciptakan seorang pemimpin yang baik. Untuk itu, melalui Diklatpim diharap mampu meningkatkan kapasitas kepemimpinan peserta, peserta mampu mengkristalisasi visi misi yang diemban, mampu membangun model untuk menggali masa depan dan lainnya.
“Pemimpin itu haruslah memiliki spirit untuk maju, berkembang, mendalami isu aktual tentang penyelenggaraan pemerintah sehingga bermanfaat untuk dijadikan pelatihan bagi dirinya, sehingga dapat meningkatkan daya saing daerah dan bangsa,” katanya. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s