2011, Pemprov Sumsel Alokasikan Tunjangan Kepala Desa

Posted: 17/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Setiap tahunnya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel), memiliki program bantuan kepada desa kelurahan se Sumsel, pada 2011 mendatang tidak ada peningkatan jumlah bantuan, hanya saja akan ada penambahan peruntukan bantuan dari Pemprov Sumsel tersebut, yaitu untuk kepala desa.
Kabiro Pemerintahan Provinsi Sumsel, Mulyadin Roham SH MSi, mengatakan, pada 2011 mendatang sekitar 3.000 desa di Sumsel tetap akan mendapatkan bantuan dari Pemprov Sumsel, baik itu desa defenitif, desa persiapan juga kelurahan. “Tahun 2011 nanti, setiap desa mendapat sekitar Rp20 juta dan kelurahan Rp12,5 juta, jumlah bantuannya ini masih seperti tahun sebelumnya. Akan tetapi, untuk penggunaannya nanti kita akan mempertimbangkan tambahan penghasilan untuk kepala desa,” ungkapnya diwawancarai Sabtu (13/11).
Bantuan untuk kepala desa tersebut termasuk di dalam bantuan dana Rp20 Juta dari Pemprov Sumsel, yang pada tahun sebelumnya dari kepala desa tidak belum dimasukkan dalam peruntukannya.
“Memang tahun ini peruntukannya ada untuk kepala desa, sbagai tambahan penghasilan, yang selama ini dari Pemprov Sumsel tidak ada untuk kepala desa, kepala desa hanya ada gaji dari kabupaten/kota,” katanya.
Namun, disinggung mengenai nominal jumlah tambahan penghasilan untuk kepala desa tersebut, Mulyadin belum dapat menyebutkannya, karena masih akan dibahas dan dipertimbangkan lebih lanjut. “Jumlah bantuan untuk kepala desa itu masih akan dirapatkan lagi, belum final,” jelas dia.
Lebih lanjut kata Mulyadin, bantuan dana untuk desa ini disalurkan melalui rekening desa dan kelurahan masing-masing di kabupaten/kota, dana tersebut dapat dipergunakan untuk kegiatan PKK, kegiatan posyandu, administrasi BPD, untuk pembangunan sarana produktif desa dan lainnya, termasuk untuk rencana penambahan penghasilan kepala desa.
Ia memastikan, realisasi pengucuran dana untuk sekitar 3.000 desa tersebut pada Bulan Maret 2011 mendatang. “Biasanya, bantuan desa akan dikucurkan triwulan pertama dan penyalurannya secara bertahap ke seluruh desa di kabupaten/kota di Sumse, akan dikirim langsung ke rekening desa dan kelurahan,” paparnya.
Terakhir ia mengingatkan, bantuan dana dari Pemprov Sumsel tersebut memiliki laporan pertanggung jawaban, yang disampaikan pihak desa ke Bupati masing-masing daerah. Kemudian, Bupati akan melaporkan ke Gubernur Sumsel, karena menurutnya sudah ada dana yang disediakan untuk pembuatan biaya laporan tersebut.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s