Pemprov Usulkan Tol Patunglaya Tidak Ditender

Posted: 13/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Agar pembangunan jalan Tol Patunglaya (Palembang-Betung-Inderalaya) cepat terealisasi, dan investor tidak menunggu lama untuk melaksanakan pembangunannya. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) kini tengah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat yaitu Kementrian Pekerjaan Umum RI, agar pembangunan Tol Patunglaya tidak ditenderkan tapi ditunjuk langsung.
“Kita sedang mengupayakan agar ada kebijakan pusat, yaitu dalam pembangunan jalan Tol Patunglaya ini dapat ditunjuk langsung pelaksananya tanpa melalui proses tender. Karena, pembangunan ini sifatnya investasi, investornya sudah ada, sangat siap dan sudah sangat berminat,” kata Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel, Ir H Eddy Hermanto SH MM diwawancara di ruang kerjanya, kemarin, Jumat (12/11).
Lebih lanjut kata Eddy, jika harus melalui proses tender lelang maka akan memakan waktu lama, dan proses tender lelang ini pernah diterapkan pada pembangunan tol Palembang-Betung yang pada akhirnya batal karena investor tidak berani berinvestasi dan tak berani menawar. “Alasan kita minta ditunjuk langsung, itu juga karena perusahaan daerah akan masuk disitu sebagai oeprator, PD ini akan bekerjasama dengan investor asing itu, PD ini juga akan melibatkan daerah yang dilalui seperti Palembang, Banyuasin dan OKI,” jelas dia.
Eddy menjelaskan, investor Tol Patunglaya yang berminat tersebut adalah UEM (Uniform Echo Might) investor asal Malaysia, yang sudah berpengalaman membangun jalan tol, UEM merupakan salah satu operator jalan tol di Malaysia, bahkan UEM tengah membangun jalan tol di Jakarta.
“Panjang Tol Patunglaya yang akan dibangun total sekitar 123 kilometer, terdiri dari Betung-Alang-alang Lebar 58 km, Alang-alang Lebar – Jakabaring 28 km dan Jakabaring – Kayu Agung 37 km. Dari total investasi Rp3,5 T untuk jalan tol tersebut, sekitar Rp2,2 T untuk Palembang-Betung, dan Rp1,9 T untuk Jakabaring-OKI.
Menurutnya, secara prinsip investor sudah siap turun ke lapangan melakukan studi untuk memulai pembangunan Tol Patunglaya, untuk tol ini sebagian sudah memiliki feasibility studies (FS) yaitu khusus jalur Betung-AAL Palembang, selebihnya akan dilanjutkan pihak investor. “Dalam pembangunan Tol Patunglaya nanti, untuk kridor 1 UEM akan membangun dari Betung ke Alang-alang Lebar sepanjang 58 kilometer, dan dari AAL ke Jakabaring akan memanfaatkan jalan lingkar luar Palembang sekaligus akan dibangun Jembatan Musi IV. Untuk koridor III akan dibangun dari Jakabaring ke Kayuagung sepanjang 37 kilometer, jalan tol ini nantinya akan memotong jalan TAA dan ada Jembatan Musi IV,” katanya lagi.
Terakhir ia mengatakan, semula Pemprov Sumsel akan membangun Tol Patunglaya yang rutenya Inderalaya-Palembang, tapi Pemprov Sumsel mencoba memanjangkan lagi rutenya menjadi Kayuagung–Palembang. Saat disinggung mengenai alasan pasti kurangnya minat investor untuk menanamkan investasi pada Tol Patunglaya beberapa tahun lalu, Eddy tidak dapat berkomentar banyak. “Kita tidak tahu persis apa alasan mereka, yang jelas saat itu tidak ada yang mendaftar padahal FS sudah kita siapkan,” kata dia.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, mengatakan, pembangunan jalan tol dari Palembang-Betung sepanjang 37 kilometer dan juga dari Palembang-Jakabaring-OKI, salah satu usaha Pemprov Sumsel untuk membangun daerah, dan memecahkan masalah kemacetan yang sering terjadi khususnya di sepanjang jalan perbatasan Palembang-Betung dan Palembang-Inderalaya.
Menurut Gubernur, proyek pembangunan ini bukan dilakukan untuk mengejar kegiatan SEA Games, karena tidak akan terkejar jika harus rampung menjelang SEA Games. “Kita targetkan baru akan selesai pada tiga tahun ke depan, sehingga nanti lalulintas dari Betung-Palembang, Palembang ke Jakabaring lalu ke Jembatan Musi IV di TAA, juga Jakabaring – OKI, akan lancar,” ungkap Gubernur. agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s