Bandara Talang Betutu Jadi Terminal Haji

Posted: 12/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Lokasi bandara lama di Talang Betutu akan dijadikan terminal khusus haji, sehingga ke depan pemberangkatan haji tidak lagi melalui terminal umum yaitu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang yang sekarang.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumsel, Ir H Sarimuda MT saat diwawancara di Kantor Gubernur, usai melakukan rapat tertutup antara Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Dishub Kominfo Provinsi Sumsel dan pihak PT Angkasa Pura (AP) II Palembang, di ruang rapat Gubernur Sumsel, Kamis (11/11).
Sarimuda menjelaskan, dalam rapat pihaknya membahas mengenai pengembangan bandara SMB II Palembang yang saat ini sudah memasuki proses lelang, membahas pembuatan Mock Up pesawat atau ruang pesawat simulasi untuk Jemaah calon haji (JCH), juga membahas tentang keinginan Pemprov Sumsel agar bandara lama di Talang Betutu diaktifkan lagi dan dijadikan terminal khusus untuk penerbangan haji.
”Pertama Gubernur berharap, agar Bandara SMB II Palembang dapat selesai pengembangannya pada Juli 2011 mendatang, sehingga sudah dapat melayani tamu-tamu internasional seperti event voli tingkat Asia pada 2011 nanti. Kita juga berkeinginan dan telah dikomunikasikan ke AP II agar membangun terminal haji di bandara lama,” kata Sarimuda.
Dengan dijadikannya terminal haji, maka nantinya bus-bus pengangkut JCH dari asrama haji langsung ke terminal haji di Talang Betutu, tidak lagi ke terminal umum, bahkan pesawat haji pun akan parkir di terminal haji, dan pihak PT AP II juga akan membangun hanggar di bandara lama.
”Realisasinya kita harapkan tahun depan harus dimulai pengerjaan, makanya tadi dibicarakan ke GM PT AP II untuk dapat direalisasaikan, mungkin pendanaannya ada juga sharing dari Pemprov Sumsel,” jelas dia.
Selain pembangunan terminal haji, ke depan pihaknya juga akan membuat sekolah penerbangan atau flying school untuk menciptakan para pilot dan pramugari, sehingga pendidikan pramugari nanti tidak lagi dikirim ke luar Sumsel.
Sementara itu, General Manager PT AP II Palembang, Yon Sugiono mengatakan, selain membicarakan pengembangan bandara SMB II Palembang, pihaknya juga diminta untuk membangun terminal haji di kawasan bandara lama Talang Betutu, untuk itu pada 2011 mendatang pihaknya akan memperpanjang runway bandara lama, dan kemungkinan pada 2012 pembangunan terminal haji akan selesai.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s