Akad Kredit Rumah Murah Tunggu Bank Sumsel

Posted: 12/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) telah memenuhi dua permintaan Bank Sumsel Babel Syariah, sebagai syarat dilakukannya akad kredit rumah murah sektor formal tipe 36 di Jakabaring, kepada 284 pendaftar rumah murah sektor formal yang lulus seleksi tahap I dan tahap II. Akad kredit kini menunggu persiapan dari Bank Sumsel Babel Syariah.
Demikian diungkapkan Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz, diwawancara di Kantor Gubernur Kamis (11/11). Menurut Aidit, Bank Sumsel Babel Syariah meminta Pemprov Sumsel mengeluarkan SK Hibah yang menyebutkan nama peserta yang lulus beserta blok rumahnya, dan juga keterangan layak huni, sebagai syarat dilakukannya akad kredit. “Kita sudah menyelesaikan surat hibah dan juga sudah membagi-bagikan blok rumah kepada para pendaftar yang lulus, dan sekarang proses akad kreditnya tinggal menunggu kesiapan dari Bank Sumsel Babel Syariah,” katanya singkat.
Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, Syahril Zaman menambahkan, pembangunan rumah murah sektor formal tipe 36 di Jakabaring sudah selesai 400 unit rumah murah, Pemprov Sumsel telah mendapatkan 284 calon penghuni yang akan melakukan akad kredit, sisanya sekitar 116 pendaftar akan dilakukan verifikasi lebih lanjut. “Sisanya ini segera dilakukan verifikasi, tapi panitia sekarang sedang meminta persetujuan keringanan kriteria dari Gubernur Sumsel, karena kriteria yang sekarang dinilai terlalu berat bagi pendaftar,” ujarnya.
Keringanan kriteria yang dimaksud seperti masa kerja yang minimal 10 tahun, diusulkan minimal lima tahun, juga masalah umur yang diminta maksimal 45 tahun diusulkan batas umur 50 tahun. Karena, banyak PNS Guru berumur 48 tahun belum memiliki rumah. “Kalau harus menurut kriteria yang ditentukan banyak PNS guru yang tidak memenuhi persyaratan dan tidak mendapatkan rumah. Usulan ini sudah kita koordinasikan ke pihak pemberi kredit yaitu Bank Sumsel Babel Syariah,” terang dia.
Sedangkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl.He MT membenarkan, pembangunan rumah murah sudah selesai mencapai 400 unit lebih, namun berdasarkan kesepakatan, akad kredit dilakukan tanpa harus fasilitas seperti listrik, air bersih dan gas dipasang di komplek rumah murah tersebut. Karena jika harus menunggu fasilitas masuk para pendaftar yang lolos akan menunggu lama dan tidak memiliki kepastian untuk mendapatkan rumah.
“Pembangunan terus dilakukan, baik untuk rumah murah tipe 36 di Jakabaring, juga rumah murah tipe 21 di Kelurahan Keramasan yang saat ini sudah selesai 300 unit lebih, dan pengerjaannya sedang dimulai lagi karena kemaren pemabngunan sempat tertunda banjir dan musim panen,” katanya singkat.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s