Teknologi Tenaga Surya Disiapkan di Jakabaring

Posted: 11/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

– Panasonic Siapkan Solar Panel Untuk Jakabaring
InformasiPagi, Sumsel

PT Panasonic Manufacturing Indonesia akan menyiapkan teknologi ramah lingkungan (eco friendly technology) dengan sistem solar panel atau tenaga surya untuk mengurangi emisi gas dan mengurangi kebutuhan terhadap listrik PT PLN.
President Director PT Panasonic Manufacturing Indonesia, Ichiro Suganuma, mengatakan, pihaknya akan mendukung pembangunan kawasan Sport City Jakabaring untuk kegiatan SEA Games XXVI 2011, melalui penggunaan teknologi ramah lingkungan dengan sistem solar panel atau tenaga surya, yang dipastikan dapat mengurangi emisi gas, sehingga tidak akan merusak lingkungan.
”Kita akan siapkan eco sport village yang menggunakan solar panel baterai, sistem ini ramah lingkungan, dan sebagai energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan terhadap listrik PLN. Karena, memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi sehingga tidak berpolusi, tanpa suara bising, bau tidak sedap dan tidak meninggalkan zat kimia berbahaya,” ungkapnya usai melakukan rapat tertutup di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Provinsi Sumsel, Selasa (9/11) kemarin.
Ichiro menjelaskan, pihaknya akan memasang solar panel di panel-panel yang akan ditempel di atap wisma atlet, venues-venues SEA Games XXVI 2011 di kawasan Jakabaring Sport City, sehingga kebutuhan energi di kawasan tersebut juga dapat memanfaatkan tenaga surya selain listrik dari PLN. ”Selain efektif mengurangi penggunaan listrik PLN, tentu biaya kebutuhan listrik dapat terkurangi,” jelasnya.
Untuk melakukan pemasangan/instalasi solar panel, pihaknya membutuhkan waktu sekitar tiga sampai empat bulan, dan pihaknya telah melakukan survei ke lapangan untuk melihat gambaran tempat-tempat yang akan dipasang solar panel tersebut. ”Kita juga mempersiapkan teknologi pengamanan (security system) di kawasan Jakabaring Sport City, baik PHBX, CCTV juga live phone yang semuanya itu terkoneksi dengan internet,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas PU CK Provinsi Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl.He MT mengatakan, selain menjadi kawasan olahraga, Jakabaring memang akan dijadikan kawasan hijau, meskipun ada pembangunan infrastruktur besar-besaran, faktor lingkungannya tetap diperhatikan salah satunya melalui penggunaan solar panel dari PT Panasonic.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s