Pemprov Sumsel Beli Aset Pertamina

Posted: 11/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemprov Sumsel berniat membeli aset PT Pertamina (Persero) yang selama ini tidak terawat, untuk dijadikan lokasi perkantoran dan lainnya. Pembelian aset tersebut akan menggunakan APBD atau pihak ketiga.
Hal ini terungkap di sela acara penyerahan IUP PTBA oleh Gubernur Sumsel kepada Dirut PTBA, di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel, Senin (8/11). Pada kesempatannya berbicara, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, akan membeli aset milik PT Pertamina RU III. “Kita akan membeli aset Pertamina, seperti di Bagus Kuning dan lapangan minyak rumbai, yang selama ini tak terawat,” ungkap Gubernur singkat disela acara.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sumsel, Robert Heri membenarkan, Pemprov Sumsel akan membeli beberapa aset milik PT Pertamina di wilayah Sumsel, bahkan menurutnya hal ini telah dibicarakan dengan Direksi PT Pertamina Pusat dan Kementerian Keuangan serta BUMN beberapa waktu lalu.
“Kita telah melakukan pertemuan dengan jajaran direksi PT Pertamina pusat juga Kementerian Keuangan di Jakarta, kita akan membeli kawasan Bagus Kuning mulai dari perumahan sampai Stadion Patra Jaya yang luasnya keseluruhannya sekitar 45 hektar, dan hasil pertemuan itu sudah terlihat titik terangnya,” jelas Robert.
Bahkan, tidak lama lagi tim dari pusat akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan mendata dan melakukan pengukuran luas lahan yang akan dibeli oleh Pemprov Sumsel, setelah diukur maka Pemprov Sumsel akan melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas dan menentukan harga jual aset. “Kalau sudah sepakat harga, baru Pemprov Sumsel akan melakukan pembahasan dana untuk pembelian aset Pertamina itu,” katanya.
Pembelian aset Pertamina tersebut akan dilakukan dengan dua alternatif, apakah dari murni APBD Pemprov Sumsel atau akan memanfaatkan pihak ketiga, namun kemungkinan menggunakan pihak ketiga dilakukan jika tawaran jual aset oleh pihak Pertamina terlalu mahal bagi Pemprov Sumsel.
Terakhir Robert menjelaskan, jika seandainya Pemprov Sumsel telah membeli beberapa aset Pertamina tersebut, maka Pemprov Sumsel akan menjadikan kawasan eks Pertamina tersebut sebagai lokasi perkantoran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Sumsel atau juga perdagangan.
“Untuk kepastiannya, kita masih menunggu tim pusat turun melakukan pendataan, sehingga bisa diketahui berapa luas aset Pertamina yang harus dibeli Pemprov Sumsel, baru akan diketahui kesanggupan Pemprov Sumsel untuk membelinya,” tutupnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s