Pelayanan Berobat Gratis, Harus Lebih Baik

Posted: 11/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dari sekitar 7,4 Juta penduduk Provinsi Sumsel sekitar separuhnya dicover program berobat gratis melalui program Jamsoskes Sumsel Semesta. Setelah diluncurkan awal tahun 2009 lalu, program berobat gratis sudah diterima dan didukung masyarakat dan pemerintah daerah.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Zulkarnain Noerdin mengatakan, program berobat gratis telah dilaunching pada 27 Januari 2009 lalu, berdasarkan evaluasi pihaknya setiap tiga bulan sekali dan hingga kemarin, program berobat gratis sudah banyak memenuhi harapan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
“Selama ini masyarakat yang tidak mampu dan tidak dapat menjangkau untuk berobat dapat terlayani dengan program berobat gratis ini. Bahkan, pasien yang dirujuk ke rumah sakit umum sudah 100 persen menunjukkan kesembuhan, meskipun ada yang meninggal karena sudah tidak dapat ditangani lagi,” kata Zul.
Pihaknya menyadari, masih ada keluhan-keluhan dari masyarakat yang memanfaatkan program berobat gratis ini, tidak hanya itu proses pembayaran klaim juga masih ada yang terlambat, karena kabupaten/kota yang lamban melakukan verifikasi klaim dari puskesmas ke tim pengelola kabupaten/kota, namun hal ini masih dapat ditolerir. “Kalau kabupaten/kota cepat menyerahkan klaim dan sudah sesuai prosedur, maka pencairannya akan cepat juga, dan atas semua kekurangan pada program berobat gratis ini kami akan perbaiki, ke depan pelayanan berobat gratis harus lebih baik lagi,” ujarnya.
Menurut Zul, pemerintah kabupaten/kota juga sudah mulai mendukung penuh program berobat gratis, hal ini terlihat dari dana sharing yang meningkat dari tahun sebelumnya yang sekitar Rp14 Miliar, bahkan beberapa daerah tidak menerima dana sharing berobat gratis dari Pemprov Sumsel, dan ada juga yang mampu menanggung pembiayaan berobat gratis hingga separuhnya. Dengan begitu, di 2011 mendatang beban pembiayaan program berobat gratis dari Pemprov Sumsel akan dikurangi daru semula sekitar Rp240 Miliar. “Ke depan, kita akan menegaskan kembali kriteria program jamsoskes sumsel semesta, agar program ini tidak berbenturan dengan program jamkesmas milik pemerintah pusat,” katanya.
Zul juga memaparkan, berdasarkan data terakhir, penyerapan dana berobat gratis sudah mencapai sekitar Rp68 Miliar, untuk dana sharing ke kabupaten/kota sendiri terserap Rp38 Miliar. Hingga kemarin juga, pihaknya mencatat jumlah total pasien yang dirujuk ke RSCM mencapai 105 pasien, yang pada tahun 2009 sebanyak 65 pasien dan hingga November 2010 mencapai 40 pasien.
“Pada 2009 kemarin, total pasien yang dicover berobat gratis mencapai sekitar 1,8 juta orang, untuk tahun 2010 kita belum mendata jumlah totalnya, tapi kita berharap mayarakat Sumsel tetap sehat sehingga jumlah masyarakat yang berobat akan berkurang di tahun ini, yang akhirnya dana berobat gratis tidak terpakai dan dapat dimanfaatkan untuk yang lain,” harapnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s