Hari Pahlawan Momen Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial

Posted: 11/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

– Hormati Pahlawan Dengan Memerhatikan Keluarganya
InformasiPagi, Sumsel

Generasi penerus bangsa harus menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah merebut kemerdekaan, perhatian jangan hanya sebatas seremoni namun juga memerhatikan keluarga pahlawan yang ditinggalkan termasuk para veteran. Selain itu, momen hari pahlawan kali ini untuk meningkatkan kesetiakawanan sosial.
Demikian terungkap dalam kegiatan ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ke-65 Tahun 2010, di Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, Rabu (10/11). Upacara dihadiri berbagai unsur, baik TNI, Polri, Veteran, Paskibraka dan juga unsur Muspida Pemprov Sumsel.
Usai melakukan upacara dan tabur bunga, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, sebagai generasi penerus khususnya generasi muda telah diamanatkan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan, yang telah membebaskan Republik Indonesia dari penjajahan sehingga merebut kemerdekaan hingga sekarang. “Jika tanpa perjuangan dan pergerakan para pahlawan yang mendahului kita, maka kita tidak akan seperti sekarang ini, jasa para pahlawan itu tidak dapat dihitung, karena mereka telah berkorban nyawa, harta dan benda demi merebut kemerdekaan bangsa,” kata Wagub.
Eddy juga mengatakan, sebagai pewaris dan generasi penerus, menghormati pahlawan melalui upacara sangat bagus, namun akan lebih baik lagi, wujud perhatian tersebut tidak hanya sebatas upacara seremoni melainkan juga memerhatikan para keluarga para pejuang/pahlawan tersebut, serta memerhatikan para veteran-veteran yang masih hidup. “Keluarga mereka yang ditinggalkan, harus diperhatikan, sehingga anak keturunan mereka juga dapat menikmati hasil perjuangan orang tua mereka, dan juga dapat membesarkan negara kita ini. Pemprov Sumsel juga sudah memerhatikan para veteran setiap tahunnya melalui Dinas Sosial,” ujarnya.
Disinggung mengenai tema Hari Pahlawan tahun ini, menurut Wagub tema hari pahlawan yang disesuaikan dengan kondisi sekarang yaitu peningkatkan rasa kesetiakawanan sosial, namun rasa kesetiakawanan sosial tersebut jangan hanya lips service atau hanya omongan. “Wujud kesetiakawanan itu seperti apa ? dan kepada siapa ?, karena sekarang ini sebentar-sebentar kita sering mencaci-maki khususnya kepada pemerintahan yang kita pilih sendiri, yang penting itu adalah kesetiakawanan untuk kepentingan bangsa ini,” pintanya.

Sementara itu, masih di Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Hj Ratnawati, mengatakan, jumlah veteran di Sumsel sudah tidak banyak lagi, berdasarkan informasi dari LVRI jumlah veteran di Sumsel semula total 1.846 orang tapi sebagiannya sudah wafat. “Kita juga sudah mengalokasikan anggaran untuk memerhatikan para veteran, dan sudah kita data untuk dibantu, biasanya bantuan itu dikirim melalui rekening mereka,” katanya.
Veteran-veteran yang dibantu Pemprov Sumsel tersebut merupakan veteran perintis tahun 45 yang sudah berjuang memertahankan kemerdekaan membela negara, tanpa kenal menyerah yang dibuktikan dengan dokumentasi yang betul-betul akurat.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s