Dinas PU CK Sumsel Genjot Pembangunan Venues

Posted: 11/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk mencapai target penyelesaian sebelum dilakukan kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Provinsi Sumsel, terus melakukan percepatan-percepatan pembangunan termasuk bekerja hingga malam hari.
Kepala Dinas PU CK Provinsi Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl.He MT mengatakan, pembangunan venue baru untuk kegiatan SEA Games XXVI tahun 2011 mendatang sudah terlihat signifikan perkembangannya, seperti pembangunan stadion atletik yang mulai dilakukan pengerjaan setelah launching dan pemancangan tiang pertama pada Rabu (18/8) lalu di Jakabaring, pembangunannya sudah memasuki tahapan proses struktur tribun dan struktur lintasan.
Proses struktur bagian tribun ini ditargetkan rampung di akhir Januari 2011 mendatang, yang hingga kini dari 48 kolom struktur tribun telah diselesaikan sekitar 24 kolom struktur tribun. “Kalau struktur lintasan ditargetkan akan rampung pada akhir Februari 2011 mendatang,” jelas Rizal diwawancara di kantornya, Rabu (10/11).
Stadion Atletik ini kata Rizal, stadion khusus atletik pertama dan termegah di Indonesia, dilengkapi 8 lintasan lari sintetis, 6 lintasan khusus pemanasan yang dana pembangunannya mencapai Rp80 Miliar dengan sistem Design and Built dan pelaksanaannya dengan Fast-Track. “Pembangunan stadion atletik ditargetkan rampung sekitar bulan Juni-Juli 2011 mendatang,” katanya optimis.
Untuk pembangunan Venue Kolam Renang yang dilaunching dan pemancangan pertama dilakukan pada Rabu (1/9) lalu, kini sedang dalam pengerjaan pemancangan tiang, penyelesaian titik dan struktur tiang pancang. Menurutnya, pembangunan Venue Renang menjadi perhatian utama pihaknya pasalnya kesulitan pembangunan Venue renang standar internasional tersebut cukup tinggi. karena semua fasilitas Venue Renang harus full beton dibalut fiber.
Venue renang juga akan dipasang alat pengukur catatan waktu atau Swiss Timing dari Omega, serta fasilitas lain yang harus digabung dan saling berkoneksi. Pemasangannya pun akan ditangani langsung oleh ahlinya. “Pada akhir tahun 2010 kita targetkan pembangunan sudah mencapai 24 persen lebih, sehingga sekitar bulan April atau awal Mei pembangunan venue sudah mencapai 80 persen yang kemudian dapat dilakukan proses finishing,” katanya optimis.
Untuk Venue Lapangan Tenis, sambung Rizal sudah dilakukan pemancangan tiang pertama pada Rabu (6/10) lalu. Kini proses pembangunannya masih dalam tahapan penimbunan tanah diiringi pemancangan tiang untuk mempercepat proses pembangunan venue tenis tersebut. “Lapangan tenis akan dibangun di atas lahan seluas 2,7 hektar, dengan fasilitas lahan jenis hard court 8 lapangan, struktur bangunannya beton bertulang dan konstruksi baja, dengan tiang pancang 15 meter, dilengkapi penerangan dengan kapasitas cahaya yang cukup untuk kegiatan latihan dan pertandingan malam hari. Masa konstruksinya sekitar 6 bulan yang direncanakan selesai 5 april 2011 mendatang,” jelas Rizal.
Sementara untuk Venue Lapangan Tembak tidak dilakukan acara seremoni untuk launching pemancangan tiang pertama, untuk menghemat waktu dan biaya pemancangan langsung dilakukan tanpa acara launching. Proses pembangunan venue lapangan tembak sudah memasuki tahapan penimbunan tanah dan pemancangan tiang dan persiapan pembangunan lanjutan. “Kalau untuk venue Ski Air, Ski air, kita terus lakukan pengerukan lintasan, dan beberapa kegiatan lainnya,” katanya.
Untuk venue-venue yang tidak dibangun baru seperti GOR Senam, GOR Bulu Tangkis, Lumban Tirta, Sport Hall dan lainnya secara bertahap dilakukan perbaikan. ”Seperti Sport Hall di Jalan POM IX, sudah mulai dilakukan pembenahan, dan secara keseluruhan para pekerja untuk pembangunan venue SEA Games ini bekerja maksimal bahkan hingga malam hari, agar mencapai target penyelesaian sebelum SEA Games nanti,” jelas dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s