Bantuan Hukum Gratis Berikan Keadilan Masyarakat

Posted: 11/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Program pemberian bantuan hukum gratis (BHG) Pemprov Sumsel, telah diluncurkan sejak 12 Februari 2009 lalu, telah banyak membantu masyarakat mendapatkan hak dasarnya untuk keadilan. Ke depan, program BHG akan gencar dilakukan agar lebih banyak masyarakat terbantu.
Kepala Biro Hukum dan HAM Provinsi Sumsel, Ardhani SH MH mengatakan, pada tahun 2009 lalu tim pemberian BHG mencatat 114 pemohon BHG, namun hanya 70 orang dibantu, sisanya yaitu 44 orang tidak memenuhi syarat sesuai keputusan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, tentang pedoman pelaksanaan BHG Pemprov Sumsel.
“Untuk 2010 ini, sampai hari ini (kemarin-red), permohonan yang masuk berjumlah 92 pemohon, dan telah dibantu 74 orang, terdiri dari 12 perdata dan 62 pidana, tapi jumlah ini masih sementara karena untuk tahun 2010 masih ada satu bulan 20 hari lagi,” katanya diwawancara di ruang kerjanya, Rabu (10/11).
Berdasarkan evaluasi pihaknya, maslah yang mendominasi selama kurun waktu 2009-2010 adalah kasus pidana menyusul kasus perdata, namun mayoritas kasus yang didampingi tim pemberian BHG Pemprov Sumsel, menang.
Pada 2011 mendatang, pihaknya juga akan melakukan perbaikan-perbaikan, dan lebih banyak menyosialisasikan pemberian BHG Pemprov Sumsel kepada masyarakat dengan berbagai media, agar lebih banyak masyarakat terbantu. “Kita telah melakukan rapat dan pembahasan termasuk dengan Komisi I DPRD Sumsel, dan menyimpulkan ke depan sosialisasi pemberian BHG Pemprov Sumsel ini akan lebih gencar dilakukan, karena dipastikan pemohon akan semakin bertambah banyak, seiring masyarakat semakin tahu,” kata alumni UNSRI ini.
Ia menjelaskan, untuk menyukseskan pemberian BHG ini, pihaknya bekerjasama dengan beberapa lembaga seperti LBH, Peradi dan KAI, yang masing-masing lembaga tersebut diminta tiga tenaga untuk diperbantukan menangani program BHG tersebut. Namun, dalam penanganan perkara mereka bertindak tidak mengatasnamakan lembaganya lagi, melainkan atas nama tim dan perorangan yang ditunjuk. “Kita ingin masyarakat Sumsel lebih banyak terbantu dan mendapatkan keadilan, karena 10 hak dasar masyarakat, salah satunya hak untuk memperoleh keadilan,” kata dia.
Pihaknya mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan BHG, dapat mengajukan permohonan kepada Gubernur Sumsel, melalui Biro Hukum dan HAM, dengan melampirkan surat keterangan miskin, lalu penjelasan mengenai perkara yang dihadapi, kemudian foto kopi identitas.
“Persyaratan pertamanya harus miskin, baik secara formal dan de facto, maksudnya, secara formal itu ada surat keterangan miskinnya, secara de facto ketika kita cek ke lapangan memang betul-betul miskin. Syarat kedua, dia dalam posisi mempertahankan kepentingan hukumnya atau tidak, kalau dia pelaku curanmor yang sudah berkali-kali keluar masuk penjara dan juga termasuk residivis, kasus seperti ini tidak akan kita bantu, karena tidak dalam posisi mempertahankan kepentingan hukumnya,” jelas dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s