Sumsel Masih Kekurangan Guru Olahraga

Posted: 06/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

– Wagub Sarankan Penerimaan Guru Olahraga Diprioritaskan

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel masih membutuhkan guru-guru olahraga baik untuk tingkat SD, SMP atau SMA, atas kekurangan ini, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf menyarankan penerimaan guru olahraga dapat lebih diprioritaskan, terutama untuk ditempatkan di daerah terpencil.
Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf, di Kantor Gubernur kemarin, Jumat (5/11). Menurutnya, guru olahraga berperan penting dalam membentuk karakter dan mental generasi muda saat ini. Untuk itu diperlukan pembinaan dan pengenalan teknik dasar berolahraga sejak bangku SD baik itu teknik berlari, senam, bermain sepakbola atau lainnya.
”Idealnya, di setiap sekolah baik SD, SMP atau SMA memiliki paling sedikit satu atau dua guru olahraga, bila perlu ke depan saya sarankan pengangkatan guru olahraga di Sumsel diprioritaskan, karena, sekarang kita masih kekurangan guru olahraga baik SD sampai SMA, apalagi untuk sekolah yang bertempat di daerah terpencil,” kata dia.
Terlebih Sumsel khususnya Kota Palembang ke depan bakal menjadi pusat pelatihan olahraga regional, memanfaatkan fasilitas olahraga pasca kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang. Sehingga, guru-guru olahraga pencetak bibit atlit di Sumsel perlu ditambah.
“Kita harus mencontoh negara-negara di Asia antara lain Jepang, Korea atau Cina, yang mampu membentuk karakter masyarakatnya dengan memaksimalkan olahraga di negaranya. Dengan berolahraga, orang akan berfikir positif, mempunyai karakter sportif, disiplin dan selalu ingin mengapai prestasi khususnya saat ia bekerja,” kata Wagub.
Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo MEd, kemarin. Sumsel masih kekurangan guru olahraga baik tingkat SD sampai SMA namun ia belum dapat menyebutkan berapa kekurangan tersebut.
Hanya saja kekurangan itu akan segera tercukupi dengan penambahan kuota guru olahraga di tahun depan, bahkan pihaknya akan berusaha menambah kuota penerimaan CPNS dari formasi guru olahraga. Widodo juga menjelakan, hingga kini Provinsi Sumsel banyak mendatangkan guru-guru olahraga dari luar Sumsel, antara lain Provinsi Sumbar, Sumut, Yogya dan lainnya. “Memang idealnya jumlah guru olahraga dalam satu sekolah itu satu sampai dua orang guru olahraga atau juga tergantung jumlah kelasnya, kalau lebih banyak kelasnya guru olahraga idealnya lebih dari dua,” ungkapnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s