BPBD Sumsel Miliki Trauma Center Pertama di Indonesia

Posted: 06/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, satu-satunya BPBD di Indonesia yang memiliki fasilitas balai pengobatan dan trauma center.
Demikian diungkapkan Kepala BPBD Provinsi Sumsel, Yulizar Dinoto SH saat diwawancara di kantornya di Jalan Bandara Internasional SMB II, kemarin, Jumat (5/11). Ia mengatakan, dalam menanggulangi bencana, BPBD Sumsel memiliki tiga tugas, pertama pra bencana, kedua saat bencana dan ketiga pasca bencana.
“Pra bencana artinya kita melakukan kesiapsiagaan sebelum terjadinya bencana, dengan mempersiapkan SDM, perlengkapan, logistik dan lainnya untuk meminimalisir serta mengurangi resiko terjadinya bencana. Saat terjadi bencana kita lakukan koordinasi dengan berbagai instansi untuk melakukan tanggap bencana, dan setelah terjadinya bencana baru dilakukan pemulihan dan perbaikan,” jelas Yulizar.
Ia mengungkapkan, untuk tahap pemulihan pasca bencana ini, BPBD Sumsel memiliki balai pengobatan/klinik dan juga trauma center, yang belum dimiliki BPBD-BPBD lain di Indonesia. “Balai pengobatan dan trauma center bertempat disatu komplek kantor BPBD Sumsel ini, dan ini pertama dimiliki BPBD se Indonesia, baru akan dilaunching akhir November atau awal Desember mendatang oleh pak Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin,” ungkapnya.
Sementara itu, Staf Tanggap Darurat Balai Pengobatan dan Trauma Center BPBD Sumsel, Rusdiana SKM menambahkan, Balai Pengobatan dan Trauma Center telah dirintis dan dirancang sekitar dua bulan lalu yaitu September. “Di klinik dan trauma center ini akan melayani korban-korban bencana baik fisik dan psikologisnya, kita sudah memiliki psikolog yang siap melayani untuk memulihkan mental para korban,” katanya.
Ia menjelaskan, SDM balai pengobatan dan trauma center sudah disiapkan mulai dari 4 Dokter, 1 psikolog, 1 dokter gigi, 3 analis, 3 ahli gizi, dokter mata, bidan dan perawat. “Jadi, untuk SDM kita sudah lengkap, obat-obatan juga sudah disiapkan, dan kita sudah dapat melayani tindakan medis sederhana, seperti kecelakaan atau lainnya,” katanya lagi.
Sesuai arahan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, pihaknya ingin bermanfaat bagi korban bencana dan masyarakat sekitar, bahkan menjadikan BPBD Sumsel terdepan dibandingkan BPBD lain di Indonesia. “Mudah-mudahan di akhir Bulan November klinik dan trauma center ini sudah dilaunching, sehingga sudah dapat siaga melayani korban bencana dan juga melayani masyarakat. Rencananya kita akan beroperasi mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore,” tutup dia.agustian pratama

Comments
  1. Suara Rakyat says:

    Saya ingin kasih usul kepada Bapak Gubernur Alex NUrdin yang terhormat, Supaya memantau penerimaan CPNS Thn 2010 ini. karena dilapangan banyak sekali politik uang yang bermain untuk mendapatkan posisi Jabatan CPNS tersebut, hal ini tidak hanyak berlaku untuk kabupaten / kota yg sudah lama berdiri saja tapi juga ini terjadi pada kabupaten yang baru berdiri seperti kabupaten empat lawang. disana untuk menjadi PNS dari D3 Kesehatan Harus membayar 75 juta s.d 100 Juta baru bisa lolos menjadi PNS. Bagaimana negeri ini bisa bebas dari KKN kalu pejabatnya saja yang memulai untuk melakukan KKN. ini dilakukan oleh kepala badan pariswisata kabuapten empat lawang ibu ratini coba bapak kirim tim investigasi ke setiap kabupaten untuk menindak lanjuti money CPNS ini. sebaiknya untuk penerimaan CPNS diambil dari tenaga Hionor yang sdh ada di Dinas/Instansi jd mereka sdh mengenal dunia kerja dan tidak perlu lagi orientasi ulang soal dunia kerja. Terima kasih atas bantuannya.

  2. saelendra says:

    informatif dan program sangat bagus,,, moga lancar dan bermanfaat,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s