Wagub Minta Kepala Daerah Waspada Bencana

Posted: 05/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

– Waspada Bencana, Bupati/Walikota Jangan Tinggalkan Daerah
InformasiPagi, Sumsel

Iklim cuaca khususnya di Provinsi Sumsel berubah-ubah, sementara Sumsel sudah memasuki musim hujan bercurah tinggi, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf menegaskan para kepala daerah untuk waspada bencana dan tidak meninggalkan daerah masing-masing.
Demikian ditegaskan Wagub Sumsel di ruang kerjanya, kemarin, Kamis (4/11). Menurutnya, meski kondisi Provinsi Sumsel saat ini masih aman dan tidak terjadi bencana, bupati/walikota se-Sumsel tetap harus dapat memaksimalkan pengawasan terhadap daerah mereka masing-masing khususnya daerah yang rawan bencana alam seperti banjir, longsor atau angin puting beliung.
Terlebih, imbauan masalah waspada cuaca ekstrem ini sudah disampaikan Presiden RI, melalui Gubernur ke bupati/walikota beberapa waktu lalu.
”Saya ingin mengingatkan kembali, agar Bupati/Walikota tetap waspada di tengah kondisi cuaca ekstrem beberapa hari ini, saya kira seluruh bupati/walikota se-Sumsel juga sudah paham dengan tugas dan kewajibannya masing-masing,” ujarnya.
Bahkan, Wagub menegaskan, agar para kepala daerah tetap siaga dan tidak meninggalkan daerahnya ketika kondisi cuaca tak menentu dan ekstrim, kecuali ada tugas yang sangat penting atau menunaikan ibadah haji. ”Para kepala daerah juga harus mengimbau masyarakatnya agar tidak memotong kayu di kawasan tebing, karena rawan sekali terjadi longsor,” imbuhnya.
Kepada masyarakat yang tinggal di daerah kawasan rawan bencana seperti rawan banjir di Oku Selatan, Musi Rawas, longsor Pagaralam-Lahat dan lainnya juga diminta patuh kepada pemerintah setempat jika kondisi kawasan mereka tengah dilanda bencana, demi keselamatan jiwa masyarakat sendiri. ”Kalau pemerintah mengimbau mengungsi, ikuti saja pemerintah, karena dikhawatirkan terjadi korban jiwa seperti yang terjadi di beberapa daerah di luas Sumsel beberapa waktu terakhir,” pintanya.
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Yulizar Dinoto SH mengatakan, meski belum menerima laporan bencana di Sumsel, namun Provinsi Sumsel merupakan salah satu wilayah yang sudah mengalami cuaca ekstrem, terlihat dari tingginya curah hujan dan curah hujan tidak normal yang terjadi di seluruh daerah di Sumsel.
Untuk itu, pihaknya telah mengirimkan surat edaran dan mengintruksikan seluruh petugas penanggulangan bencana mulai dari Tagana dan dinas terkaitnya di tingkat kabupaten/kota di Sumsel untuk mulai waspada bencana. ”Beberapa daerah yang sering dilanda bencana itu antara lain Kabupaten Musi Rawas, OKI, OI dan Muaraenim, Lahat, Pagaralam yang sering diserang bencana alam banjir, longsor atau puting beliung, dan Kota Palembang yang sering banjir,” ungkapnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s