60 Persen Lakalantas Dari Generasi Muda

Posted: 05/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

– Dinsos Sosialisasikan UU Lalulintas ke Pelajar

InformasiPagi, Sumsel

Sekitar 60 persen jumlah dan penyebab lakalantas (kecelakaan lalulintas) di Sumsel dari generasi muda, sehingga Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Provinsi Sumsel, terus menyosialisasikan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 sejak dini.
Hal ini terungkap dalam acara sosialisasi UU 22 tahun 2009, di aula Kantor Dishub Kominfo Provinsi Sumsel, Kamis (4/11). Kepala Dishub Kominfo Provinsi Sumsel, Ir H Sarimuda MT melalui Kabid LLAJ dan Perkeretaapian Dishub Kominfo Provinsi Sumsel, Nofri Dalimunthe mengatakan, UU no 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan ini sebagai pengganti dari UU no 14 tahun 1992, yang diperbaharui karena tidak sesuai lagi dengan kondisi perkembangan pengetahuan dan teknologi.
Menurutnya, pertumbuhan jumlah kendaraan yang tinggi juga menghasilkan dampak negatif, yaitu masalah keselamatan lalulintas, karena pertumbuhan kendaraan bermotor tidak diikuti dengan peningkatan pemahaman cara berkendaraan yang baik, serta pemahaman cara berlalulintas dan lainnya.
“Sosialisasi ini dilakukan untuk mengimbau generasi muda mematuhi aturan lalulintas, karena pertumbuhan kendaraan saat ini tidak sebanding dengan pertambahan dan pelebaran jalan. Kalau lalulintas ramai dan tidak berhati-hati serta tidak mematuhi peraturan lalulintas, maka kemungkinan terjadinya kecelakaan akan tinggi,” katanya.
Pihaknya kata Nofri, ingin menghindari kecelakan yang fatal terhadap korban misalnya meninggal, cacat seumur hidup, jadi, karena generasi muda ini harapan bangsa dan cikal bakal pemimpin masa depan, maka para pelajar diberikan pengetahuan berlalulintas. “Kita memang pilih sasaran sosialisasi ini anak-anak SMA/SMK, karena menurut data, sekitar 60 persen jumlah dan penyebab kecelakaan itu adalah dari generasi muda, karena itu kita coba imbau dan perhatikan keselamatan generasi muda ini,” jelas dia.
Sementara itu, Kasi Pengendalian Operasional Dishub Kominfo Provinsi Sumsel, Sudirman menambahkan, dipilih remaja SMA/SMK karena mereka sudah memasuki umur untuk mendapatkan surat izin mengemudi, untuk itu harus diimbau sejak dini bagaimana berkendaraan, berlalulintas dengan aman dan tidak menyalahi aturan. “Para remaja ini memang harus ditekankan dari sekarang, karena mereka akan menginjak dewasa dan harus diselamatkan melaui sosialisasi UU 22 ini,” tambahnya.
Sedangkan dalam sambutannya, Ketua Panitia Sosialisasi, Edi Saputra, menjelaskan, acara sosialisasi bertema melalui sosialisasi UU 22 tahun 2009 ciptakan keselamatan dan ketertiban di jalan, bertujuan agar masyarakat luas memahami, mengerti dan menaati aturan yang berlaku dalam berlalulintas, sehingga dapat tertib, mematuhi aturan dan selamat ke tempat tujuan. “Peserta sosialisasi yang diundang, yaitu dari kalangan SMA, SMK, baik para pelajarnya juga unsur akademik yaitu kepala sekolah,” jelasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s