Staf Khusus Presiden Pantau Pembangunan Sumsel

Posted: 04/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan staf khususnya untuk melakukan pemantauan program, pelayanan publik dan pembangunan ke provinsi-provinsi di Indonesia termasuk Provinsi Sumsel. Salah satunya program gratis Pemprov Sumsel.
Hal ini terungkapkan dalam rapat tertutup dengan Pemprov Sumsel di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel, kemarin, Rabu (3/11). Hadir di rapat unsur muspida Pemprov Sumsel, yang dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Sumsel, H Mukti Sulaiman dan rombongan staf khusus Presiden RI bidang komunikasi.
Usai rapat, Asisten Staf Khusus Presiden RI Bidang Komunikasi Sosial, Darwis Darussalam, mengatakan, pihaknya mendapat tugas ke Provinsi Sumsel khususnya Palembang sekitar satu minggu terhitung kemarin, untuk memantau program-program pemerintah dan pembangunan infrastruktur di Sumsel.
“Hari ini (kemarin-red) kita memantau pelaksanaan kredit usaha rakyat (KUR) BRI, karena KUR ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kredit usaha menengah, lalu kita juga memantau PNPM Mandiri, serta memantau pelayanan sertifikat tanah,” katanya singkat.
Sementara itu, Pembantu Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Sosial, Arif Rahman Hakim menambahkan, setiap provinsi di Indonesia digilir untuk dilakukan pemantauan dan evaluasi program pembangunan dan pelayanan publiknya.
“Kemarin dilakukan pemantauan ke Provinsi Sulawesi Selatan oleh tim yang lain, kami menangani di Sumsel salah satunya memantau program sekolah gratis bagaimana sejauh ini pelaksanaannya, apakah memang bermanfaat bagi murid miskin dan lainnya,” ungkap dia.
Selain itu, pihaknya juga memantau kemajuan-kemajuan pembangunan infrastruktur di Sumsel khususnya Palembang, dan hasil seluruh pemantauan serta evaluasi tersebut akan dipublikasikan di koran istana kepresidenan yang dibiayai bapak Presiden RI. Hasil evaluasi tersebut juga akan disebarkan ke masyarakat dan daerah-daerah untuk dijadikan acuan bagi daerah-daerah lain.
“Agar daerah yang sudah maju dapat memacu dan memotivasi daerah-daerah lain untuk maju, hasil evaluasi di Sumsel ini akan kita publikasikan minggu depan, karena koran ini dicetak seminggu sekali,” pungkasnya.
Ia mengungkapkan, beberapa tahun terakhir masyarakat sudah mulai kritis dan ingin mendapatkan transparansi pelayanan publik. Sehingga Presiden RI membuka layanan pengaduan masyarakat ke line sms 9949 atau PO BOX 9949. “Kami yang mengelola itu, dan ternyata banyak keluhan masyarakat se Indonesia tapi yang terbanyak masalah penegakan hukum, dan itu kita salurkan langsung ke satgas mafia hukum,” jelasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s