Jelang SEA Games, Jumlah Taksi Argo Ditambah

Posted: 03/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Sekitar 50-100 taksi argo dari dua perusahaan taksi ternama di Indonesia, akan dioperasikan di Palembang, hal tersebut guna mendukung kegiatan SEA Games XXVI di Sumsel tahun 2011 mendatang, dalam sektor angkutan transportasi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Sumsel, Ir H Sarimuda MT melalui Kabid LLAJ dan Perkeretaapian, Nofri Dalimunthe mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan dua perusahaan taksi ternama PT Blue Bird dan PT Panorama, agar dapat beroperasi di Palembang untuk menunjang transportasi SEA Games XXVI di Palembang. Kedua perusahaan taksi tersebut menyambut baik rencana Pemprov Sumsel.

Menurutnya, jumlah taksi berargo meter yang akan beroperasional di Palembang tersebut sebanyak 50-100 unit, dan diharapkan akan masuk serta mulai beroperasi di Palembang tiga bulan sebelum diadakannya kegiatan SEA Games.
“Sekarang ini, jumlah taksi argo di Palembang sekitar 50 unit, tapi setelah taksi dua perusahaan ini masuk Palembang , jumlah taksi argo kita akan bertambah. Taksi-taksi itu nantinya akan mobile, untuk menunjang kebutuhan transportasi SEA Games, baik atlet dan tamu-tamu lainnya” jelasnya diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (2/11).

Nofri menerangkan, memang saat ini Palembang masih kekurangan tranportasi umum darat yang representatif, meski baru ada 50 unit namun taksi argo tersebut sifatnya mangkal dan tidak mobile atau keliling kota. “Taksi-taksi argo yang ada sekarang juga tidak menerapkan argo meternya lagi, melainkan tawar menawar atau negoisasi harga. Kalau cocok harga maka berangkat sebaliknya jika tidak cocok penumpang tidak dapat berangkat. Padahal kalau menurut aturan, penerapan argo meter ini wajib baik jaraknya jauh atau dekat,” kata dia.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya mendapatkan bantuan angkutan bus sekitar 30-40 unit kendaraan sebagai sarana pengangkut para atlet dan tamu SEA Games mendatang. “Tahun depan sebelum SEA Games, bus-bus itu akan datang ke Palembang, dan kita bersama Dishub Kota Palembang juga berencana menambah armada trans musi sekitar 75 unit lagi berikut halte transmusinya,” jelasnya.

Terpisah, Junior Manager Personalia dan General Affair PT Angkasa Pura II Palembang, Rubianto mengakui, informasi akan masuknya taksi argo meter milik Blue Bird dan Purnama ke Palembang sudah didapatkannya, untuk itu pihaknya sudah menyiapkan tempat mangkal menunggu tamu atau penumpang di bandara SMB II.

“Direncanakan tahun depan akan ada MoU pengoperasian taksi Blue Bird di Palembang, jika kerjasama ini terwujud maka jumlah taksi di Palembang akan bertambah, yang semula hanya ada taksi milik Balido dan taksi milik koperasi TNI AU, ke depan diharapkan juga ada dari Blue Bird,” pungkasnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s