Pelebaran Jalan Kol Burlian Dimulai

Posted: 02/11/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Mulai November ini, PT PLN (Persero) mulai melakukan penggantian utilitas di sepanjang Jalan Kolonel H Barlian, terkait akan dilebarkannya jalan tersebut untuk menunjang lalulintas selama kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang.
General Manager PT PLN (Persero) WS2JB, Nandi Ranadireksa menjelaskan, utilitas PLN yang terkena proyek pelebaran jalan tersebut terdiri dari 15 gardu PLN di sisi kiri dan kanan, 87 tiang listrik di sisi kiri dan 93 di sisi kanan yang harus dipindah tempatnya. Untuk melakukan penggantian utilitas tersebut pihaknya akan mengeluarkan dana sekitar Rp1,8 M.
”Mulai November kita sudah lakukan pengerjaan penggantian utilitas PLN di sepanjang Jalan Kolonel H Barlian yang terkena pelebaran jalan, kita targetkan akan selesai pada awal 2011 mendatang,” jelasnya saat diwawancara Sabtu (30/10).
Nandi memastikan, selama proses penggantian utilitas PLN tersebut, listrik dikawasan yang sedang dilakukan penggantian tidak akan terganggu, pasalnya utilitas yang diganti mayoritas untuk fasilitas penernangan umum. ”Memang prosesnya mengganti baru utilitas, tapi kita usahakan tidak ada pemadaman, karena teknisnya kita siapkan dulu utilitas barunya, baru kemudian utilitas yang lama yang terkena pelebaran jalan mulai dibongkar,” kata Nandi.
Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Palembang, Asep menambahkan, Jalan Kolonel H Barlian akan dilebarkan sekitar 2,3 meter-3,5 meter baik di sisi kanan dan kiri, dengan total jalan sepanjang 4,30 kilometer.
Adapun utilitas umum yang terkena pelebaran jalan seperti 15 gardu PLN di sisi kiri dan kanan, 87 sisi kiri dan 93 sisi kanan tiang listrik PLN, lalu 9 titik valve PDAM, 14 halte Trans Musi. Untuk utilitas Telkom yang dipindahkan sebanyak 99 titik di sisi kiri dan 59 titik di sisi kanan jalan, juga utilitas pipa gas di kiri dan kanan jalan.
“Total anggaran dana pelebaran jalan yang diperlukan mencapai Rp179.32 Miliar, mengunakan dana APBN 2010, biaya tersebut sudah mencakupi kontsruksi perkerasan flexible Rp77,8 miliar dan dana perkerasan rigid Rp 101,52 Miliar,” kata dia.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, pemindahan utilitas yang terkena pelebaran jalan harus dimulai secepatnya, sehingga 1 Januari 2011 pengerjaan pelebaran efektif berjalan. Gubernur juga meminta, agar pelebaran jalan ini didukung penuh masyarakat khususnya pihak yang terkena pelebaran jalan, karena menurut Gubernur, pelebaran jalan ini untuk menunjang SEA Games sehingga bukan hanya program Pemprov Sumsel melainkan juga program Pemerintah Indonesia dan nasional.agustian pratama

Advertisements
Comments
  1. wahyudi says:

    Menurut saya disamping pelebaran Jl. Kol Burlian, juga perlu segera menuntaskan proyek pembuatan jalan tembus Kenten – Bandara SMB II.

  2. Sudah lama terjadi KKN antara petugan TANTIB yg dibantu oknum camat Sukarami,ini terbukti banyaknya bangunan-bangunan liar yang berdiri sejak lama disamping PT.TRAKINDO KM-9 Palembang dan entah kapan akan dilakukan penggusauran,bahkan mereka bisa dengan asyiknya menidirikan usaha dengan fasilitas layaknya penduduk yang legal seperti PAM,PLN dan line telpon dan yang yang lebih ironis nya lagi didaerah tersebut yang nyata-nyata nya bertuliskan peringatan”Dilarang membangun bangunan”karena didalam tanah tersebut terdapat pipa pertamina tekanan tinggi tapi ditanah tersebut juga ada orang yang membuka usaha las listrik dan karbit yang sangat membahayakan penduduk setempat. Nampaknya PEMKOT Palembang hanya menutup mata dari hal-hal seperti ini,terlebih para bangunan liar tersebut menyetorkan sejumblah dana bulanan kepada oknum camat dan RANTIB agar mereka bisa tetap berdiri tegab meski nyata dan jelas-jelas tidak mempunyai izin mendirikan bangunan dan dari sini saja kita semua dapat melihat bagaimana carut marutnya penegakan hukum diIndonesia khususnya PEMKOT Palembang!!

  3. Pembuatan Jalan beda di indonesia, beda lagi di belanda, proses pembuatan jalan di belanda sangat unik. hihihi…

    beda di indonesia, beda lagi di belanda, proses pembuatan jalan di belanda sangat unik. hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s