Jakabaring Dibuat Kawasan Agropolitan

Posted: 02/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Kawasan Jakabaring tidak hanya difokuskan untuk kawasan olahraga saja, namun juga akan dibuat kawasan agropolitan yang akan dihiasi banyak pohon buah-buahan, mulai dari Mangga, Sukun dan lainnya.
Demikian dikatakan Kepala Satgas Pemeliharaan dan Kebersihan Pemprov Sumsel, H Rusli Nawi, diwawancara disela kegiatan penebasan lahan dengan para lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Jakabaring Sport City, kemarin, Sabtu (30/10). Menurutnya, satgas kebersihan Pemprov Sumsel terus melakukan pembersihan lahan di Jakabaring yang akan dimanfaatkan untuk kegiatan SEA Games XXVI tahun 2011 mendatang, pihaknya hampir menyelesaikan pekerjaan pembersihan dari total sekitar 76 hektar lahan.
“Ada beberapa kawasan akan kita tanami bibit buah-buahan, bahkan kita sudah mendapatkan bantuan 90 bibit buahan dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel yaitu 50 bibit Buah Mangga, 20 bibit Buah Sukun, 10 bibit Buah Sawo, 10 bibit Buah Jambu Air Jamaika dan lainnya, yang sebagiannya sudah kita tanam,” kata Rusli.
Menurutnya, dalam pembersihan di kawasan Jakabaring Sport City pihaknya tidak langsung melakukan penebangan pohon, hanya rerumputan dan ilalang saja, dan akan melakukan pola tanam sulam dengan pohon yang lebih bermanfaat yaitu pohon buah-buahan seperti yang direncanakan, setelah pohon buah-buahan tinggi pohon lama baru akan ditebang.
“Di kawasan ini kita harapkan nanti juga menjadi kawasan agropolitan, dapat dijadikan tempat hiburan para keluarga, karena di sini juga akan dibangun jogging track. Pada 2011 mendatang, kita harap kawasan Jakabaring Sport City sudah sejuk, asri, bersih, tertata dan hijau,” kata Rusli optimis.
Mengenai pembersihan kawasan Jakabaring Sport City melibatkan koalisi LSM, Rusli semula tidak mengetahuinya, karena menurutnya setiap Sabtu pihaknya rutin melakukan pembersihan. “Saya juga kaget, tiba-tiba datang kawan-kawan LSM untuk membantu membersihkan kawasan Jakabaring, saya kira mau demo,” ujar mantan Kaban Kesbangpol Linmas Provinsi Sumsel ini.
Sementara itu, Ketua Koalisi LSM Sumsel, M Saleh mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari media massa bahwa Satgas Kebersihan Pemprov Sumsel tengah giat melakukan pembersihan kawasan Jakabaring, untuk itu koalisi LSM berniat membantu. “Koalisi LSM ini beranggotakan 119 LSM yang resmi dan terdaftar, kami bermaksud membantu kegiatan satgas kebersihan untuk menata dan membersihkan kawasan Jakabaring, kami juga akan menyukseskan SEA Games sesuai dengan bidang LSM masing-masing,” katanya didampingi Sekjend Koalisi LSM, Firmansyah Yusuf.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s