India Akan Bangun Pabrik Pupuk di TAA

Posted: 02/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Investor India kembali menanamkan investasinya di Sumsel, setelah investor India Maducon akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Sungai Lilin Muba. Investor India lainnya di bawah Departemen of Fertilers berencana akan menanamkan investasi pabrik pupuk di Tanjung Api-api (TAA).
Hal ini diungkapkan, Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Sumsel, Ir Permana. Menurutnya, pihak Departemen of Fertilers yang akan berinvestasi membangun pabrik pupuk senilai Rp 2 triliun di TAA telah diajak jajaran BPMD Sumsel meninjau ke PTBA Tanjung Enim, untuk melihat stok bahan baku batubara yang akan dijadikan pasokan ke pabrik pupuk yang akan dibangun mereka nantinya.
“Untuk membangun pabrik saja, nilai investasi yang akan mereka tanamkan sekitar Rp2 Triliun, belum lagi fasilitas lainnya. Ketua rombongan investor Direktur Tehcnical Rashtriya Chemicats and Fertilizers Limitid PSU Under Departemen of Fertilers, Sh Manoj Priya, juga telah menyurvei dan meninindaklanjuti serta membahasnya di India,” kata dia diwawancara di sela-sela seminar HUT emas UNSRI ke-50 di Hotel Aryaduta, kemarin, Senin (1/11).
Menurut Permana, kepastian investor India ini untuk menanamkan investasinya baru diketahui tahun depan, pasalnya pihaknya akan melakukan diskusi internal terlebih dahulu, jika mereka sepakat maka akan dilakukan Head of Aggreement (HoA) seperti yang dilakukan dengan PT Adani Global beberapa bulan lalu. Namun, pihak investor India tersebut telah sepakat akan bekerjasama dengan PT Pusri. Permana berharap, iklim investasi di Sumsel terus kondusif, dan infrastruktur menuju TAA juga cepat terselesaikan, sehingga investor akan lebih banyak lagi menanamkan investasi di TAA.
Sementara itu, masih di Hotel Aryaduta, ditanya mengenai infrastruktur menuju TAA, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumsel Ir Sarimuda MT menjelaskan, Pemprov Sumsel telah melakukan HoA dengan PT Adani Global yang akan membangun rel kereta api doubel trek dari Tanjung Enim ke kawasan TAA. Namun, investor tersebut kini tengah melakukan pendataan seperti di lapangan, untuk menentukan titik-titik kordinat, dalam pembangunan mendukung rel double track menuju TAA ini.
“Kalau mereka sudah selesai menentukan koordinat, perkembangannya akan sampai ke kita, dan sekarang PT Adani juga sedang melakukan proses pembuatan Amdal, serta masih menunggu izin prinsip dari Departemen Perhubungan, izin penggunaan hutan dan izin pembangunan,” tutupnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s