2011, Gubernur Alex Siapkan 50 Beasiswa PhD

Posted: 02/11/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan di kancah nasional yang berasal dari Provinsi Sumsel, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sudah mulai memrogramkan beasiswa s3/PhD dalam dan luar negeri. Pada 2010 Pemprov Sumsel memberi kuota 28 beasiswa per tahun, namun pada 2011 mendatang, jumlah beasiswa PhD ditingkatkan untuk 50 orang per tahun.
Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, saat memberikan materi seminar dalam rangka HUT Emas Unsri ke 50 di Hotel Aryaduta, Senin (1/11). Alex mengungkapkan, pada 2010 Pemprov Sumsel telah mencoba memberikan beasiswa s3 luar negeri yaitu PhD kepada 28 orang per tahun, namun di 2011 mendatang Pemprov Sumsel akan memberikan beasiswa PhD untuk 50 orang per tahun.
Pemberian beasiswa s3 tersebut, dilatarbelakangi dua daerah yang telah lebih dulu memberikan beasiswa s3 seperti Sulawesi Selatan dengan memberikan 100 beasiswa PhD per tahun dan Papua yang memberikan 200 beasiswa PhD per tahunnya. “Bahkan kalau APBD Provinsi Sumsel meningkat beberapa tahun ke depan, dan biaya rutin Pemprov Sumsel tetap, tidak menutup kemungkinan Sumsel akan mampu memberikan beasiswa PhD untuk 250 sampai 300 orang dalam satu tahunnya,” kata Gubernur.
Tidak hanya itu, ia juga akan meminta bantuan Bupati/Walikota se Sumsel untuk melakukan hal yang sama, namun jumlah beasiswanya tergantung dari kemampuan daerah masing-masing. “Untuk daerah yang kaya minimal dua beasiswa PhD, tapi bagi daerah yang baru mekar atau tidak mampu tidak terlalu ditekankan,” katanya.
Selain Pemprov Sumsel dan kabupaten/kota, Gubernur juga berharap pemberian beasiswa ini dilakukan juga oleh stake holder dan perusahaan-perusahaan di Sumsel, baik PT Pusri, Conoco Philip, Medco, PTPN VII bahkan juga Freeport dan lainnya. “Para perusahaan ini mungkin bisa memberikan 10 beasiswa PhD, sehingga berapa tahun ke depan, Republik Indonesia ini akan dipimpin oleh orang-orang dari Sumsel, dalam segala bidang, sehingga terulang lagi kejayaan kerajaan Sriwijaya,” ujar Alex.
Dalam kesempatannya kemarin, Gubernur juga memaparkan potensi sumber daya alam Sumsel, dan kesiapan Sumsel untuk menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011 mendatang. “Sumsel sekarang ingin menarik investasi sebanyak-banyaknya ke Sumsel, salah satunya melalui kegiatan SEA Games nanti, dengan banyaknya investasi yang masuk, ekonomi kerakyatan akan bergerak, lapangan pekerjaan akan banyak sehingga masyarakat akan sejahtera,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Deputi Pengembangan Wilayah Menko RI Luki Eko Puryanto, mengatakan, pendapatan perekonomian di Sumsel sedikit di bawah nasional, tetapi gejolaknya cukup banyak. “Sumsel memiliki potensi yang sangat banyak, seperti lumbung pangan, lumbung energi, agrikulutur dan lainnya,” kata dia.agustian pratama

Comments
  1. hani mariani says:

    aslmkum
    maph, lw blhtau ada gak beasiswa buat S1, tp yang bukn kulianh d unsri, tp univertas negeri yg dluar sumsel, tapi say asli dari sumsel. saya tinggal d kec.sunagai lilin kab.MUBA.

    • maaf mbak/mas, kami hanya memberitakan, untuk teknisnya kami belum mengetahui, dapat ditanyakan langsung ke diknas sumsel di sebelah kantor pln ws2jb jalan kapten arivai palembang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s