Penerimaan CPNS Pemda Diundur November

Posted: 30/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Karena belum adanya persetujuan dan keputusan resmi dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI, tentang jumlah kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Sumsel, membuat penerimaan CPNS di Provinsi Sumsel terpaksa molor. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, berkeyakinan penerimaan CPNS baru akan dibuka pada November mendatang.
Kepala BKD Provinsi Sumsel, Drs H Muzakir, melalui Kabid Pembinaan Kepegawaian BKD Sumsel, Drs Hadewi Amin mengatakan, pihaknya beberapa hari lalu telah melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat terkait ajuan formasi CPNS untuk penerimaan CPNS di Sumsel tahun 2010 ini. Dari komunikasi tersebut, disebutkan SK persetujuan CPNS dari Sumsel memang belum dikeluarkan, sehingga masih harus menunggu. Bahkan, hingga kemarin, belum juga ada khabar dari Kemenpan RI tentang berapa jumlah kuota formasi CPNS untuk Sumsel.
“Berdasarkan pengalaman tahun-tahun kemarin formasi CPNS biasanya turun dari pusat di Bulan Oktober, tapi hingga hari ini (kemarin-red) formasinya belum turun dari pusat. Padahal kita sudah ajukan sejak Bulan Agustus,” kata Hadewi diwawancara di ruang kerjanya, Jumat (29/10).
Dengan keterlambatan tersebut, membuat pihaknya belum dapat mengumumkan kepastian penerimaan CPNS untuk tahun ini, namun pihaknya berkeyakinan kuat pada November mendatang penerimaan CPNS di Sumsel dapat dimulai. “Kita tidak bisa apa-apa, karena keputusan itu ada di pusat, tapi ada beberapa Provinsi yang sudah turun formasinya, mungkin Sumsel tidak lama lagi. Kalau formasi sudah turun dari pusat, kita baru akan melakukan koordinasi dengan BKD kabupaten/kota, dan segera mengumumkan penerimaan CPNS,” jelasnya.
Sebelumnya, Kepala BKD Sumsel, Drs H Muzakir menjelaskan, total formasi CPNS yang dibutuhkan untuk Sumsel tahun ini mencapai 3.427 orang, yang terdiri dari Pemprov Sumsel 157 CPNS, OKU 239 CPNS, Lubuk Linggau 242 CPNS, Prabumulih 246 CPNS, Banyuasin 213 CPNS, OKU Selatan 208 CPNS, Lahat 204 CPNS, Musi Banyuasin 246 CPNS, Ogan Ilir 243 CPNS, OKU Timur 213 CPNS, Pagaralam 241 CPNS, Empat Lawang 266 CPNS, Musi Rawas 257 CPNS, Muara Enim 240 CPNS dan OKI 212 CPNS.
Ditambahkannya, berdasarkan rekapitulasi persetujuan prinsip formasi CPNS tahun 2010, daerah tertinggi yang menerima pegawai yakni Kabupaten Empat Lawang, karena daerah tersebut merupakan daerah pemekaran, sedangkan Kota Palembang tidak menerima CPNS. “Sejauh ini, berdasarkan usulan kabupaten/kota tenaga guru dan tenaga medis masih banyak dibutuhkan, kalau tenaga strategis, teknis dan administrasi juga ada tapi tidak banyak. Tapi tahun ini Kota Palembang tidak menerima CPNS, mungkin Palembang akan mengangkat tenaga honorer mereka,” kata Muzakir.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s