Akad Kredit Rumah Murah Tunggu Pembagian Blok

Posted: 30/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemprov Sumsel tengah melakukan pembagian blok-blok rumah murah sektor formal tipe 36 di Jakabaring, untuk para peserta yang lulus seleksi tahap I dan tahap II. Pembagian blok terkait permintaan Bank Sumsel Babel Syariah sebagai persyaratan untuk akad kredit.
Demikian dikatakan Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz diwawancara di Kantor Gubernur, Jumat (29/10). Menurutnya, akad kredit belum dapat dilakukan sebelum dua persyaratan yang diminta Bank Sumsel Babel Syariah yaitu surat keterangan layak huni dan SK Hibah yang menyebutkan nama peserta yang lulus beserta blok rumahnya.
“Sekarang ini, kita sedang melakukan pembagian blok-blok saja, misalnya si A bloknya apa, si B bloknya apa, sehingga 283 peserta yang lulus seleksi itu jelas mana blok mereka. Mungkin beberapa hari lagi pembagian itu akan rampung, sehingga sudah dapat dilakukan akad kredit dengan Bank Sumsel Babel Syariah,” kata Aidit.
Aidit optimis, November akad kredit sudah dapat dilakukan sehingga PNS yang telah lulus seleksi tersebut memiliki kepastian mendapatkan rumahnya.
Sementara itu, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Syariah Palembang, Histinalawati mengatakan, secara teknis Bank Sumsel Babel Syariah siap melakukan akad kredit, dengan catatan Pemprov Sumsel telah mengeluarkan SK Hibah yang menyebutkan nama peserta yang lulus beserta blok rumahnya serta keterangan layak huni.
“Kalau itu sudah keluar bisa langsung dilakukan akad kredit, dan saat sudah dilakukan akad kredit antara Bank Sumsel Babel Syariah dengan PNS, maka bagi PNS yang memiliki tabungan di Bank Sumsel Babel konvensional atau syariah, maka pembayaran kredit akan dipotong melalui tabungan tersebut, namun jika memiliki tabungan di luar Bank Sumsel Babel, maka harus menyetor langsung ke Bank Sumsel Babel Syariah,” jelasnya.
Histinalawati mengungkapkan, harga jual fisik rumah murah sektor formal tipe 36 di Jabakaring tersebut senilai Rp32,5 juta, harga tersebut di luar biaya listrik, PDAM dan Pensertifikatan. Konsumen harus menambah Rp2.620 juta untuk pengurusan tiga fasilitas tersebut
Sebelumnya, dalam rapat pemantapan akad kredit di Kantor Gubernur beberapa waktu lalu, pihak Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumsel menyebutkan, pihaknya telah membagi-bagi blok-blok di komplek rumah murah tipe 36 Jakabaring, antara lain Blok M ada 24 unit, Blok O ada 30 unit, Blok B ada 16 unit, Blok C ada 28 unit dan lainnya dengan total 393 unit rumah yang sudah dibagi-bagi bloknya. “Dalam waktu dekat kita sudah buatkan tabel kondisi rumah yang ada dan sudah diblok,” kata dia.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s