Salurkan Bantuan Melalui Lembaga Resmi

Posted: 29/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dinas Sosial PRovinsi Sumsel, meminta setiap pengumpulan bantuan dana salah satunya untuk korban bencana agar memiliki izin dari pemerintah kota setempat. Masyarakat diimbau menyalurkan bantuan ke lembaga resmi agar tepat sasaran.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Hj Ratnawati melalui Kabid Banjamsos Dinsos Sumsel, Drs H MS Sumarwan MM menjelaskan, semua pihak diperbolehkan mengumpulkan uang untuk bantuan seperti bantuan bencana, namun dengan catatan harus seizing pemerintah daerah seperti Bupati/Walikota atau Dinas Sosial setempat.
“Karena jika tidak memiliki izin, maka dikhawatirkan dana yang terhimpun yang dititipkan orang untuk bantuan tersebut tidak sampai ke yang berhak menerimanya, malah mampir ke oknum tertentu untuk kepentingan pribadi atau kelompok,” katanya.
Menurut Marwan, Dinsos Provinsi Sumsel tidak berwenang melakukan penindakan jika ada sekelompok orang yang mengumpulkan bantuan tersebut, karena wewenang tersebut ada di Dinsos dan Pemerintah Kota setempat. “Kita hanya bisa mengimbau agar setiap pengumpulan dana bantuan ada izinnya, tapi untuk penindakan itu kewenangan Pemko, karena ada perda 44 tentang keindahan dan kebersihan kota, Pemko bisa menindak tegas itu,” jelasnya.
Marwan menyarankan, jika memang masyarakat hendak berniat membantu misalnya korban bencana alam atau lainnya, silahkan menyalurkannya ke pengumpul dana resmi, misalnya melalui harian surat khabar, bank-bank, atau lembaga yang resmi dan terpercaya. “Dengan melalui lembaga yang resmi dan dipercaya, Insya Allah bantuan itu akan sampai kepada yang memang berhak,” pintanya. agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s