PLTG 28 MW Jakabaring Dibangun

Posted: 29/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk menyukseskan perhelatan olahraga Asia Tenggara SEA Games XXVI dari segi pasokan listrik, satu unit pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) berkapasitas 28 megawatt (MW) dibangun di Jakabaring Sport City.
Dimulainya pembangunan PLTG 28 MW tersebut, ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan beberapa pejabat terkait di Jalan Pangeran Ratu, Pipa Pertamina RT 32 Jakabaring, Kamis (28/10). Hadir pada acara kemarin, Ketua DPRD Sumsel Wasista Bambang Utoyo, General Manager PT PLN WS2JB, Nandi Ranadireksa, Direktur PDPDE, Caca Isa Shaleh, Direktur Bosowa Dharma Energi, Reno Junizwan, PT Medco dan undangan penting lainnya.
Pada kesempatannya berbicara, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan, PLTG 28 MW di Jakabaring Sport City dibangun di atas lahan 1,6 hektar yang ditinggikan hingga tiga meter, PLTG dibangun sebagai penunjang listrik untuk SEA Games XXVI di kawasan Jakabaring Sport City. “Juni 2011 nanti, PLTG 4×7 28 MW dengan gas yang dibeli dari Medco sudah dibangun, dan dapat dioperasionalkan pada Juli 2011 mendatang serta sudah masuk jaringan PLN,” katanya.
Gubernur menjelaskan, Pemprov Sumsel juga akan membangun tempat penampungan air di lahan seluas 40 hektare dan 1200 meter saluran pembungan air, untuk mengantisipasi pembuangan air dari penimbunan untuk peninggian lahan PLTG tersebut.
Menurutnya, pembangunan PLTG 28 MW atas kerjasama dengan PT Bosowa Dharma Energi dari Makassar, namun kerjasam itu tidak hanya sebatas membangun PLTG 28 MW saja, ke depan juga direncanakan pembangunan PLTU mulai dari 2×150 Mw, 2×300 Mw sampai 2×600 Mw, sehingga Sumsel semakin dapat menjadi lumbung energi. “Enam bulan lagi PLTG ini rampung dan akan memasok listrik, untuk SEA Games nanti pihak PLN juga telah menyiapkan tiga penyulang listrik di Jakabaring Sport City, guna mengantisipasi listrik selama SEA Games agar tidak berkedip,” ujar Alex.
Sementara itu, General Manager PT PLN WS2JB, Nandi Ranadireksa menyatakan, bangga Sumsel dapat menjadi tuan rumah SEA Games, untuk itu pihaknya juga siap menyukseskan SEA Games dalam hal pasokan listrik. “Kami sudah siap membangun beberapa jaringan yang akan selesai di akhir 2010 nanti,” katanya.
Sedangkan Direktur Bosowa Dharma Energi, Reno Junizwan, menyampaikan, selain mendukung SEA Games pembangunan PLTG di Jakabaring Sport City juga akan dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar, dan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.agustian pratama

Advertisements
Comments
  1. Sunaryo says:

    Mohon info bila ada loker d pltg jakabaring.saya berpengalaman sbg asst. Operator d pltmg prbumulih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s