KNPI Bantah Tudingan HMI

Posted: 29/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumsel, membantah tudingan dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Palembang, yang menyebutkan KNPI Sumsel sudah tidak efektif lagi dan disarankan untuk dibubarkan.
[Berita Sebelumnya >> Gaung KNPI Dipertanyakan << ]

Wakil Ketua KNPI Sumsel, Kamil Habibi SE menjawab kritikan yang dilontarkan HMI Palembang, ia menjelaskan, jika disinggung mengenai pemberdayaan kepemudaan maka tupoksi itu bukanlah milik KNPI, karena KNPI hanya sebagai wadah yang menaungi organisasi kepemudaan di Sumsel. Sementara mengenai pemberdayaan kepemudaan merupakan wewenang dari Badan Pemuda dan Olahraga. “KNPI itu wadah untuk berhimpun salah satunya wadah dari HMI, PMII, KOSGORO dan seluruh organisasi kepemudaan di Sumsel, jadi bukan KNPI yang melakukan pemberdayaan,” katanya.
Kamil juga membantah, KNPI selama ini tidak memiliki gerakan yang nyata, pasalnya setiap kegiatan yang dilakukkan KNPI, seluruh organisasi kepemudan diundang termasuk HMI sendiri, bahkan menurutnya di dalam KNPI juga ada orang-orang HMI yang sudah tidak aktif lagi.
“Kalau masalah anggaran kepemudan di KNPI itu kita sadar semua gerakan pasti membutuhkan dana, dan pengusulan bantuan kegiatan juga tidak hanya diusulkan KNPI, HMI dan organisasi lainnya mungkin juga mengusulkan bantuan dana salah satunya ke Pemprov Sumsel,” jelas dia.
Kamil menerima dengan baik, usulan HMI yang menyebutkan kepemimpinan KNPI harus diperbaiki, salah satunya tidak menjadikan pemimpin yang memiliki jabatan seperti Bupati atau anggota dewan.
Namun, pemilihan ketua KNPI itu merupakan pilihan dari para organisasi kepemudaan termasuk HMI. “Kalau usulan kepemimpinan dari kalangan pejabat yang membuat tidak fokus terhadap kepemudaan itu masukan bagus, tapi kan milih mereka juga, mestinya kalau tidak setuju saat pemilihan jangan pilih para pejabat, tapi pilih yang aktif di kepemudaan,” pintanya.
Terakhir ia berpesan, agar HMI untuk memberikan masukan dan kritik pada saat rapat kerja KNPI, karena saat rapat kerja tersebut, organisasi kepemudaan pasti diundang. Dengan begitu, masukan dan saran dari HMI akan dapat ditanggapi langsung.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s