Gaung KNPI Dipertanyakan

Posted: 29/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Lembaga kepemudaan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dipertanyakan, pasalnya gaung KNPI selama ini hilang dan dinilai telah menjadi mesin politik praktis. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Palembang bahkan menyarankan KNPI dibubarkan.
Hal ini terungkap dalam aksi demonstrasi yang dilakukan puluhan massa dari HMI Palembang, di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, kemarin Kamis (28/10). Pada hari pemuda kemarin, HMI Palembang fokus terhadap isu peran lembaga kepemudaan khususnya KNPI.
Menurut Ketua Umum HMI Palembang, M Jhon Kenedy, semangat memperingati hari sumpah pemuda semakin berkurang, padahal peringatan hari sumpah pemuda sama pentingnya dengan hari kemerdekaan Indonesia, Hari Pahlawan dan lainnya. Selama ini hari sumpah pemuda diperingati dengan upacara-upacara yang kebanyakan dikemas dengan pidato para tokoh yang kosong isinya dan terlepas dari jiwa sejarah revolusioner yang melahirkannya.
“Namun, yang ironi lagi, sebuah lembaga kepemudaan yang seharusnya menjadi pengayom akan kepentingan-kepentingan para pemuda, telah menjelma menjadi sebuah mesin politik praktis dalam hegemoninya merongrong kekuasaan. Khitahnya sebagai pencetak kader umat dan bangsa tak lagi pernah terdengar suara kebenarannya, yang ada hanyalah tarik menarik kepentingan dalam usahanya merebut kekuasaan,” kata dia.
Salah satunya KNPI, yang telah digagas para pendahulu telah mengalami perubahan makna dalam pergerakannya, sehingga pihaknya mempertanyakan di hari sumpah pemuda ini apakah KNPI selaku organisasi kepemudaan layak dipertahankan ?.
“KNPI sudah tidak efektif dari tingkat nasional sampai daerah, KNPI sudah tidak layak lagi eksistensinya sebagai lembaga kepemudaan, untuk itu kami menyarankan dari HMI menyarankan kepada pemerintah agar bubarkan saja KNPI,” saran dia.
Pasalnya, KNPI dinilai kurang melakukan pemberdayaan kualitas kepemudaan, sementara anggaran untuk kepemudaan banyak dikucurkan oleh pemerintah, selain itu organisasi KNPI banyak dipimpin pejabat-pejabat pemerintah mulai dari Bupati sampai ke anggota dewan yang akhirnya karena kesibukan terhadap profesi masing-masing perhatian terhadap pemuda terbengkalai. “Itu kritik dari kami, KNPI harus memperbaiki sistem kepemimpinan, kalau memang tidak mampu silahkan dibubarkan,” katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Umum HMI Palembang, Rudi Fanani menambahkan, HMI Palembang menyatakan sikap agar fungsi dan tugas lembaga kepemudaan seperti KNPI, badan pemuda dan olahraga dan lainnya dipertegas, sebagai wadah pembinaan yang masif terhadap para pemuda. Agar para pemuda Sumsel segera dibentuk dan dibina untuk membangun usaha mandiri dalam rangka menopang perekonomian daerah menuju SEA Games 2011 mendatang. “Kami bagian kecil dari pemuda yang merindukan kebangkitan kembali ghirah atau semangat juang untuk mengabdi pada ibu pertiwi,” katanya.agustian pratama

Comments
  1. […] Palembang, yang menyebutkan KNPI Sumsel sudah tidak efektif lagi dan disarankan untuk dibubarkan. [Berita Sebelumnya >> Gaung KNPI Dipertanyakan << ] Menurut Wakil Ketua KNPI Sumsel, Kamil Habibi SE menjawab kritikan yang dilontarkan HMI Palembang, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s