Penerapan Nilai Pancasila Mulai Ditinggalkan

Posted: 27/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Banyaknya aksi demostrasi disetiap daerah, membiaskan implementasi nilai-nilai Pancasila khususnya sila ke IV yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
Demikian terungkap dalam diskusi panel bertema membudayakan kembali nilai-nilai Pancasila dan kejuangan bangsa di era global dan demokrasi, serta menyukseskan SEA Games XXVI tahun 2011, di Griya Agung Palembang Selasa (26/10). Diskusi digelar Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) Provinsi Sumsel.
Menurut Ketua Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) 45 Sumsel, Hariono, akhir-akhir ini di lingkungan masyarakat terlihat masalah persatuan, kesatuan dan wawasan kebangsaan dalam bingkai negara kesatuan cukup memrihatinkan. Hal ini tercermin dengan maraknya berbagai unjuk rasa di setiap daerah yang seolah-olah tidak puas terhadap keadaan yang ada.
”Terjadi penurunan semangat nilai-nilai Pancasila yang selama ini dibanggakan sebagai dasar negara, generasi muda menganggap cara ampuh menyelesaikan masalah dengan demonstrasi, padahal kita punya Pancasila seperti musyawarah mufakat. Ini hal yang didambakan tapi hilang semua, kemana itu musyawarah mufakat Pancasila ini ? tidak ada, yang ada hanya kekerasan untuk menunjukkan kekuatan,” sesal Hariono.
Untuk itulah kata Hariono, ia mengajak seluruh generasi muda untuk melakukan diskusi membicarakan arah bangsa yang dilakukan kemarin, dengan menghadirkan Kepala BP7 Soeprapto, Kepala Pusat Kajian Pancasila dari UGM Putu Wijaya, Pengamat Sosial Politik Prof Amzulian, para pengurus DHD 45. Dengan diskusi diharapkan sila ke IV Pancasila tidak ditinggalkan lagi, di tengah Indonesia sekarang sudah masuk dalam pemikiran global dan demokrasi liberal.
Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, dengan diskusi panel diharapkan dapat melahirkan pola pikir yang kuncinya di Pancasila dan UUD 45, dan butir-butir dari diskusi panel diharapkannya di serahkan ke Pemprov Sumsel. “Kita selaku Pemerintah Provinsi mengajak seluruh lapisan masyarakat bangkitkan semangat menjaga bangsa ini tetap besar dan terpelihara kebesarannya,” kata Wagub.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s