PMI Rencanakan Kegiatan Donor Darah Satu Atap

Posted: 26/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumsel merencanakan, setiap kegiatan donor darah di Sumsel khususnya Palembang dilakukan satu atap, hal ini untuk mempermudah memantau jumlah kekurangan darah dan mempermudah memantau jumlah darah yang terkumpul.
Demikian diungkapkan Ketua PMI Provinsi Sumsel, Hj Eliza Alex disela melakukan peninjauan pasien kurang mampu di Rumah Sakit (RS) Siti Khadijah Jalan Demang Lebar Daun, Senin (25/10). Menurutnya, selama ini kegiatan donor darah yang dilakukan instansi-instansi atau perusahaan, di tempat berbeda-beda, namun ke depan agar mudah dilakukan kontrol kegiatan donor darah akan dilakukan di bawah satu atap.
“Memang akhirnya, sasaran darah ini akan kembali ke Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Palembang, tapi kalau kegiatan donor darah ini terkoordinir dengan baik, kita akan lebih mudah memantau jumlahnya dan memantau kekurangannya. Tapi, ini baru kebijakan dari PMI Sumsel bukan dalam bentuk peraturan,” katanya didampingi jajaran PMI lainnya.
Eliza mengatakan, pihaknya terus melakukan imbauan untuk menyadarkan masyarakat agar mendonorkan darahnya, karena setetes darah mereka sangat berguna bagi pasien yang membutuhkan. Pihaknya juga melakukan berbagai strategi untuk mencari pendonor darah baru lebih banyak lagi di luar pendonor tetap dari database PMI yang mencapai 1.000 lebih di Sumsel. Hal ini tidak lain dalam rangka mengamankan persediaan darah bagi pasien yang membutuhkan. “Setiap tiga bulan sekali, kita juga lakukan kegiatan reguler dengan mengajak karyawan instansi-instansi, dinas-dinas dan kantor, khususnya Pemprov Sumsel untuk mendonorkan darah mereka,” terangnya.
Mengenai rangkaian kegiatan HUT PMI ke 65 sendiri, Eliza menjelaskan, PMI Sumsel telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari aksi donor darah, penanaman pohon yang dilakukan kemarin di Jakabaring, peninjauan pasien tidak mampu RS di Palembang, seperti RS Siti Khadijah, RSMH, RS Ernaldi Bahar sekaligus memberikan santunan kepada pasien, dan juga meninjau UTDC Palembang. “Ini wujud kepedulian PMI dan juga untuk memancing para dermawan agar terketuk dan termotivasi membantu masyarakat yang memerlukan dari sisi kemanusiaan, seperti yang dilakukan PMI,” katanya.
Sementara itu, dalam pertemuan Ketua PMI Sumsel dengan unsur pengurus RS Siti Khadijah di aula RS Siti Khadijah, Direktur RS Siti Khadijah, Jon Ganefi menyampaikan, jumlah pasien peserta Jamsoskes Semesta yang sedang dirawat RS Siti Khadijah kemarin sebanyak 19 pasien, dan 7 pasien peserta jamkesmas, yang berada di sal bedah, penyakit dalam, sal anak dan lainnya. “Kami mendukung program Jamsoskes Semesta yang diluncurkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dan kami tidak membatasi jumlah pasien Jamsoskes yang berobat ke kita,” katanya. agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s