Bandara SMB II Siapkan Simulasi Antisipasi Teroris

Posted: 25/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

– Simulasi Antisipasi Teroris Butuh Rp300 Juta
InformasiPagi, Sumsel

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti masuknya para teroris terlebih menjelang kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang. PT Angkasa Pura (AP) II Palembang, akan menggelar simulasi antisipasi serangan teroris di Bandara Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Simulasi ini membutuhkan biaya Rp300 Juta yang murni dari anggaran PT AP II.
”Kegiatan ini setiap tahun dilakukan seluruh bandara besar di Indonesia, seperti Bandara di Bali dan lainnya termasuk Bandara SMB II Palembang. Simulasi antisipasi teroris di Bandara SMB II ini kita rencanakan digelar pada 11 November 2010 mendatang,” terang General Manager PT AP II Palembang, Yon Sugiono melalui Junior Manager Personalia dan General Affair PT Angkasa Pura II Palembang, Rubianto diwawancara Sabtu (23/10).
Rubianto mengatakan, skenario dalam simulasi antisipasi teroris nanti, seolah-olah Bandara SMB II diserang oleh sekelompok kawanan teroris bersenjata yang akan meledakkan bandara. Namun, dengan kesigapan secara terpadu oleh para aparat TNI dan Kepolisian, aksi teroris tersebut berhasil digagalkan petugas, para teroris juga berhasil dilumpuhkan serta diamankan petugas.
”Dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan simulasi antisipasi teroris ini mencapai sekitar Rp300 juta, dana itu murni dari PT AP II sendiri. Dalam simulasi nanti, kita akan melibatkan beberapa instansi terkait mulai dari jajaran TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, pihak kepolisian, instansi penerbangan, rumah sakit, unsur Pemprov Sumsel dan Pemko Palembang,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Yulizar Dinoto mengatakan, pihaknya telah mengadakan rapat terpadu dengan pihak PT AP II, terkait pelaksanaan simulasi antisipasi teroris November nanti. Pihaknya hanya sebatas membantu evakuasi ledakan dan hal lain, terlepas dari melakukan pengamanan bandara. ”Kita sudah melakukan rapat dan BPBD Provinsi Sumsel siap membantu simulasi nanti, seperti dari sisi evakuasi ketika terjadi ledakan di bandara,” ujar Noto singkat.agustian pratama

Comments
  1. noezoear oelpa says:

    Menurut saya,simulasi anti teroris sebaiknya dari kalangan ABRI langsung,pihak sipil kurang begitu efektif untuk di ikut sertakan krn aparat pemerintah(ABRI)yg nantinya terjun kelapangan jika ada teroris benaran,bukankah begitu….?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s