UMP 2011 Diprediksi Meningkat

Posted: 24/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

– SPSI Minta UMP 2011 Meningkat 13 Persen
InformasiPagi, Sumsel

Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Sumsel, mengusulkan kenaikan upah minimum prvinsi (UMP) 2011 mencapai 13 persen, usulan ini meningkat dari tahun lalu yang sekitar 12 persen. Rapat Tri Partit akan dilakukan dalam waktu dekat.
Ketua SPSI Sumsel, Khaidir Tanjung, menjelaskan, UMP pada 2009 sebesar Rp824 ribu, pada UMP 2010 sebesar Rp927 ribu, pihaknya berharap akan terjadi kenaikan UMP pada tahun 2011 mendatang. ”Sampai sekarang, UMP 2011 belum ditentukan, karena masih akan dirapatkan dalam waktu dekat, tapi kita berharap dan menargetkan UMP pada 2011 akan meningkat minimal 13 persen,” kata Khaidir diwawancara Sabtu (16/10).
Namun ia optimis dan berharap besar, UMP Sumsel akan meningkat minimal 13 persen, pasalnya berdasarkan rapat dewan pengupahan secara tripartit pada 2009 lalu, usulan UMP 2010 berhasil meningkat sebesar 12,5 persen yaitu mencapai Rp927 ribu.
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumsel, Rizal Fathoni mengatakan, UMP Sumsel 2011 memang belum diketahui angkanya, pasalnya rapat musyawarah baru akan dilakukan dewan pengupahan secara tri partit atau tiga arah. Yaitu dengan pihak pemerintah antara lain Disnaker dan Biro Hukum, pengusaha dari Asosiasi Pengusaha Indonesia dan pekerja dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia dan Serikat Buruh Seluruh Indonesia. ”Kita baru akan godok, jadi belum diketahui,” katanya.
Ia menjelaskan, untuk menentukan besaran UMP Sumsel harus dilakukan survei kebutuhan hidup layak (KHL), indeks harga konsumen, perhitungan tingkat inflasi 2010, harga barang kebutuhan pokok dan banyak instrumen-instrumen yang harus dipertimbangkan.
”Mudah-mudahan akhir Oktober kita lakukan bahas, melibatkan pemangku kepentingan untuk mendapatkan angka pastinya, karena untuk menentukannya perlu survei KHL, harus ada pertimbangan gejolak perekonomian juga, dan angka kenaikan itu harus disepakati seluruh anggota rapat, baik pengusaha, serikat buruh dan pemerintah. Tapi jika melihat pengalaman dari tahun ke tahun, biasanya UMP Itu setiap tahun cenderung meningkat,” katanya lagi.
Sedangkan, Sekretaris SPSI Sumsel, Sudirman Hamidi SH, menambahkan, SPSI periode baru ini memrioritaskan tiga hal, pertama meningkatkan kesejahteraan para pekerja melalui penelitian pengupahan, untuk mengetahui apakah masih ada pekerja yang dibayar di bawah upah minimum.
“Kedua, pendirian koperasi tenaga kerja dalam rangka peningkatan kesejahteraan pekerja, mengadakan pelatihan tenaga kerja di tempat pelatihan yang sudah kita buat, agar tenaga kerja bisa memiliki kemampuan, lalu ketiga, memberikan perlindungan hukum kepada tenaga kerja yang didiskriminasi dengan memberikan perlindungan hukum secara gratis,” jelasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s