Target Produksi Beras 2010, 3,3 Juta Ton

Posted: 24/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

– Produksi Beras Ditargetkan Meningkat 6 Persen
InformasiPagi, Sumsel

Dinas Pertanian Tanaman Pangan, dan Holtikultura (TPH) Provinsi Sumsel, menargetkan pada 2010 terjadi peningkatan produksi beras 3,9 persen hingga enam persen dari capaian produksi beras 2009 lalu.
Menurut Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel, Hj Nelly Rasdiana, melalui Kabid Produksi dan Tanaman Pangan, Antoni Alam, pada 2009 lalu capaian produksi padi beras Sumsel mencapai 3.178.435 ton, dan berdasarkan rapat bersama pihak statistik pusat beberapa waktu lalu, diprediksi capaian produksi beras Sumsel pada 2010 mencapai 3,96 persen dari produksi tahun 2009, atau sekitar 3.379.028 juta ton per tahun.
“Itu angka ramalan sementara, angka pastinya akan diketahui pada April 2011 mendatang, sebenarnya sasaran kita di 2010 capaian produksi mencapai 7,31 persen,” katanya diwawancara di ruang kerjanya, kemarin, Senin (18/10).
Menurutnya, jauhnya angka sasaran sebesear 7,31 persen dengan prediksi yang hanya 3,96 persen tersebut, karena beberapa faktor seperti cuaca hujan di Sumsel yang berada di atas normal, yang membuat daerah lebak pasang surut mengalami kemunduran panen. Bahkan, ada 7.000 hektar lahan tidak dapat ditanami, belum lagi, serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti tikus dan tungro yang menyerang.
“Di OKUT saja, ada sekitar 27 ha sawah gagal panen dan dihantam puso, karena ada sekitar 30 titik sawah terkena serangan OPT, belum lagi kemunduran tanam, seperti di daerah pasang surut lebak yang waktu tanamnya mundur antara dua minggu sampai dua bulan, sehingga sasaran kita tidak tercapai,” jelasnya.
Namun kata Antoni, meski sudah diprediksi target capaian produksi 2010 hanya 3,9 persen, pihaknya tetap optimis produksi akan meningkat lagi hingga enam persen. Pasalnya masih ada beberapa daerah yang tadah hujan akan terjadi dua kali tanam yang biasanya hanya satu kali tanam. Selain itu, ada beberapa daerah yang akan panen di minggu ketiga Oktober ini dan bahkan panen akan terus berjalan sampai pertengahan November 2010 ini.
“Jadi, kalau kita lihat dari realisasi tanam, sasaran produksi kita bisa mencapai enam persen lebih, namun dengan catatan kondisi cuaca normal dan tidak ekstrim lagi, sehingga mudah-mudahan akan panen lagi di Oktober dan November mendatang,” tutupnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s