November, Tender Pengembangan Bandara

Posted: 24/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Percepatan pengembangan bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang mulai dilakukan, pihak PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola akan melakukan tender pengembangan bandara pada November mendatang, sehingga pada Desember pembangunan dapat dimulai dengan target sebelum November 2011 pengembangan rampung.
”Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin berharap sebelum kegiatan SEA Games XXVI di Sumsel tahun 2011 mendatang, bandara SMB II sudah rampung pengembangannya, sehingga kita lakukan percepatan pengembangan bandara yang semula rencana pengembangannya tahun 2011 nanti,” kata Junior Manager Personalia dan General Affair PT AP II Palembang, Rubianto diwawancara di ruang kerjanya, Rabu (20/10).
Percepatan pengembangan tersebut dillakukan, tidak lain agar saat SEA Games bandara wajah baru dapat menyambut para tamu Negara di Palembang melalui Bandara SMB II. Untuk itulah, pihaknya menargetkan pada Bulan November 2010 mendatang, proses tender proyek harus sudah dilakukan, sehingga pada akhir tahun pembangunan dapat dilakukan. ”Jika November sudah tender, maka di Desember pembangunan pengembangan bandara sudah dapat dimulai,” jelasnya.
Sejauh ini kata Rubianto, dari informasi bagian teknis AP II, sudah ada beberapa perusahaan yang berminat mengikuti tender, namun secara detail perusahaan mana saja yang akan ikut tender tersebut belum dapat dipublikasikan. ”Bandara SMB II ini sudah over kapasitas, sehingga memang sudah harus dilakukan pengembangan, sekarang ini kapasitas SMB II mencapai 1 juta penumpang per tahun, dan akan kita tingkatkan hingga 2,5 juta per tahun,” jelas dia.
Adapun pengembangan yang akan dilakukan, mulai dari penambahan garbarata yang akan ditambah dua unit lagi sehingga menjadi lima garbarata, lalu pengembangan boarding lounge, check in area dan beberapa fasilitas lainnya. Untuk pengembangan sendiri, PT AP II harus mengeluarkan anggaran mencapai Rp150 Miliar, dengan target pengembangan rampung sebelum November 2011 mendatang.
Sementara itu, Kepala Dishub dan Kominfo (Kadishub Kominfo) Provinsi Sumsel Ir H Sarimuda MT menjelaskan, jika pengembangan Bandara SMB II sebelum SEA Games rampung, maka kapasitas Bandara SMB II akan bertambah. ”Sekarang kapasitas bandara kita itu hanya 1.918.435 penumpang per tahun, tapi setelah dilakukan pengembangan akan meningkat mencapai 2.944.926 penumpang per tahun. Pengembangan ini diperlukan, karena jumlah traffic lalulintas udara khususnya menuju Palembang dipastikan meningkat, untuk itu pengembangan harus segera mulai,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s