November, HOA Pemprov-UIM Bangun Tol

Posted: 24/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemprov Sumsel tengah melakukan pemecahan masalah kemacetan disepanjang jalan perbatasan sekitar Kota Palembang, karena pada November 2010 mendatang, akan dilakukan Head Of Aggreement (HOA) antara Pemprov Sumsel dengan UIM Malaysia untuk membangun jalan tol Palembang-Betung dan Palembang-OKI.
Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, disela Pemancangan Tiang Pertama Pembangunan Palembang Sport and Convention Center (PSCC) Hotel dan Town Square, sekaligus penanaman pohon, di Jalan POM IX Palembang, Jumat (22/10). Menurut Gubernur, pembangunan jalan tol dari Palembang-Betung sepanjang 37 kilometer dan juga dari Palembang-Jakabaring-OKI, dengan total investasi Rp3,5 Triliun, akan dimulai. Pasalnya di November 2010 mendatang akan dilakukan HOA antara Pemprov Sumsel dengan UIM Malaysia.
“Ini salah satu usaha Pemprov Sumsel untuk membangun daerah, dan memecahkan masalah kemacetan yang sering terjadi khususnya di sepanjang jalan perbatasan Palembang-Betung dan Palembang-Inderalaya. Mudah-mudahan November nanti HOA antara Pemprov dengan UIM Malaysia untuk pembangunan jalan tol terwujud,” kata dia.
Namun menurut Gubernur, proyek pembangunan ini bukan dilakukan untuk mengejar kegiatan SEA Games, karena tidak akan terkejar jika harus rampung menjelang SEA Games. “Kita targetkan baru akan selesai pada tiga tahun ke depan, sehingga nanti lalulintas dari Betung-Palembang, Palembang ke Jakabaring lalu ke Jembatan Musi IV di TAA, juga Jakabaring – OKI, akan lancar,” ungkap Gubernur.
Gubernur menjelaskan, Provinsi Sumsel sudah menjadi tujuan investasi para investor dalam dan luar negeri, seiring dengan publikasi juga promosi SDA dan potensi investasi yang dilakukan. “Investasi yang masuk ke Sumsel ini susul-menyusul karena kita mampu menjaga kondusifnya situasi kemanan di Sumsel,” kata Alex.
Di tempat yang sama, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ir H Eddy Hermanto, menambahkan, dari total investasi Rp3,5 T untuk jalan tol tersebut, sekitar Rp2,2 T untuk Palembang-Betung, dan Rp1,9 T untuk Jakabaring-OKI. “Jalan tol ini nantinya akan memotong jalan TAA dan ada Jembatan Musi IV,” katanya singkat.
Seperti diketahui sebelumnya Pemprov Sumsel melalui Bappeda Sumsel, pernah membahas penataan kawasan Kota Palembang menjadi metropolitan Patung Sang Jaya (Palembang, Betung, Sungsang, Jejawi dan Inderalaya) sebagai kawasan strategis Provinsi Sumsel.
Pada lokakarya peningkatan penataan kawasan perkotaan palembang, bertema menuju kota metropolitan yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan di Hotel Novotel beberapa bulan lalu, Kepala Bappeda Sumsel, Yohanes H Toruan mengatakan, dari lokakarya kemarin untuk menyatukan persepsi penataan ruang kawasan perkotaan Palembang, dan menyepakati pengelolaan penataan ruang kawasan perkotaan Palembang. “Dari lokakarya disepakati nama kawasan perkotaan Palembang adalah Patung Sang Jaya sebagai kawasan strategis provinsi, yang delineasi kawasannya meliputi seluruh kecamatan di Palembang, 10 kecamatan di Banyuasin, enam kecamatan di OI dan satu kecamatan di OKI,” jelas dia.
Lokakarya juga menyepakati rencana struktur ruang kawasan metropolitan Patung Sang Jaya dengan mengintegrasikan Palembang dan sekitarnya secara serasi dan seimbang, sehingga terbentuk kerjasama di kawasan Patung Sang Jaya, namun tetap mengharapkan dukungan legalitas perda Provinsi Sumsel.
“Untuk menjamin implementasi hasil lokakarya ini, diperlukan langkah tindak lanjut seperti, penyempurnaan materi rencana tata ruang patung sang jaya, kesepakatan pimpinan pemda atas substansi materi rencana tataruang, termasuk proses legislasi dan pembentukan lembaga pengelola kawasan metropolitan patung sang jaya tersebut,” paparnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s