IAIN RF Sambut Baik Rencana Kuliah Gratis

Posted: 24/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Rencana Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menggratiskan biaya kuliah, yang pilot projeknya Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah (IAIN RF) saat menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) RF nanti, disambut baik Rektor IAIN RF, Prof Aflatun Muchtar. Perubahan status IAIN RF menjadi UIN baru akan dilakukan setelah gedung IAIN RF di Jakabaring rampung dibangun.
Rektor IAIN Raden Fatah, Prof Aflatun Muchtar mengatakan, rencana Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin tersebut merupakan hal yang sangat positif, dan berpihak pada dunia pendidikan. Meski itu masih lama direalisasikan, dan jika memang menungkinkan, pihaknya tetap berharap cita-cita tersebut akan terwujud. “Ya, itu hal yang positif, kita tetap berharap meski masih lama,” kata Aflatun di Kantor Gubernur, Senin (18/10).
Namun yang terpenting katanya, adalah pembangunan gedung untuk UIN tersebut, yang kini masih dalam proses pengajuan untuk mendapatkan dana IDB (Islamic Development Bank), lalu pihak IDB akan survei ke Palembang kemudian baru dianggarkan dana. Jika sudah didapatkan dana dari IDB yang sekitar Rp400-Rp500 Miliar, maka pembangunan gedung UIN RF dapat dilakukan.
“Jika disetujui, pembangunan akan dimulai sekitar 2012 mendatang, rencana lokasinya di Jakabaring di lahan 35 hektar, yang disampingnya ada Islamic Center dan juga Masjid Sriwijaya, nantinya ini akan menjadi tempat yang unik dan tidak ada di Provinsi lain. Kalau sudah ada gedungnya, baru kita ke perubahan status IAIN RF menjadi UIN RF,” ujarnya.
Disinggung mengenai berapa kebutuhan satu mahasiswa yang harus dibiayai dari awal kuliah hingga tamat, Aflatun belum dapat menjelaskannya, karena meski digratiskan pihaknya tetap harus berkoordinasi dengan Kementrian Agama dan mengikuti prosedur yang ada.
Seperti diketahui sebelumnya, pada acara pembukaan musyawarah daerah (Musda) BKPRMI VII di Griya Agung, beberapa waktu lalu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyatakan Pemprov Sumsel sangat konsen dengan dunia pendidikan, setelah memelopori pendidikan gratis bagi siswa SD, SMP dan SMA baik negeri dan swasta di Indonesia. Gubernur juga mengupayakan pendidikan kuliah gratis khususnya di Universitas Islam Negeri Raden Fatah nantinya.
“Saya belum bisa membebaskan biaya kuliah sekarang, sekarang saya bersama Pemprov Sumsel baru mampu menggratiskan biaya sekolah SD, SMP dan SMA di Sumsel, disela provinsi lainnya belum berani melakukannya. Tapi ke depan, pada saatnya nanti, saya akan bebaskan biaya perkuliahan,” kata Gubernur disambut gemuruh tepuk tangan, Namun, pembebasan biaya kuliah tersebut baru direncanakannya untuk UIN Raden Fatah ketika sudah berubah status nantinya, dan juga seiring sumberdaya alam Sumsel berangsur tereksploitasi besar-besaran serta investasi sudah banyak masuk ke Sumsel. “Doakan saja kita mendapatkan dana yang banyak untuk itu, sehingga kepentingan umat akan terlaksana dan diperhatikan lebih,” pinta Gubernur.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s