Hamil, Satu JCH Batal Berangkat

Posted: 24/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Karena diketahui sedang mengandung/hamil, satu Jemaah calon haji (JCH) kloter 9 asal Provinsi Bangka Belitung (Babel) terpaksa dibatalkan keberangkatan hajinya. Selain itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Palembang mencatat, 260 JCH Kloter 9 beresiko tinggi (Risti) baik risti karena penyakit dan risti karena usia.
Menurut Ketua PPIH Embarkasi Haji Palembang, Drs H Najib Haitami MM melalui Humas PPIH Embarkasi Haji Palembang, Saefudin Latief SAg. Kemarin, Sabtu (23/10) Embarkasi Haji Palembang memberangkatkan JCH kloter 9 berjumlah total 357 orang. ”Di kloter 9 ini, ada 260 JCH yang risti yaitu risti penyakit ada 123 wanita dan pria 77, sedangkan untuk risti karena usia ada 29 wanita dan 31 pria,” jelasnya diwawancara di asrama haji, Sabtu (23/10).
Saefudin menjelaskan, pada kloter 9 ada satu JCH tambahan, semula JCH tersebut berada di Kloter 5, karena sakit sehingga ditunda berangkat, lalu kembali sehat dan diberangkatkan pada kloter 9 kemarin. Selain itu, di kloter 9 juga ada 4 JCH yang batal berangkat, pertama Ernawati (48) binti H Husni dari Bangka Selatan yang batal karena sakit, juga suaminya Sartono (53) bin Nuar yang terpaksa tidak ikut karena istrinya tersebut sakit.
”Kali ini ada satu JCH yang ketahuan hamil 7 minggu saat di tes urine di asrama haji, atas nama Yani (40) binti Ilyas dari Bangka Selatan, karena istrinya yang hamil dan batal berangkat, suaminya Hasanusi (43) bin Manaf juga batal berangkat. Jadi ada empat JCH asal Babel yang batal diberangkatkan semuanya suami istri,” ungkap Kasubbag Hukmas dan KUB Kemenag Provinsi Sumsel ini.
Ia menjelaskan, kemarin keberangkatan JCH Kloter 9 asal Babel, dilepas langsung Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rahman didampingi Sekda Bangka Tengah, Kabid Haji dan unsur muspika kabupaten Bangka Tengah. ”Sampai dengan kloter 9 kemarin, total JCH yang berangkat ke tanah suci sudah mencapai 3.220 jemaah atau sudah sekitar 37,90 persen,” kata Saefudin.
Sementara itu, ia menerangkan, di tanah suci, jemaah kloter 8 sudah berada di Jeddah untuk melakukan pemeriksaan imigrasi dan administrasi lainnya, untuk jemaah kloter 1-6 sudah berada di Madinah dan sedang melakukan Shalat Arbain juga ibadah lainnya. Sementara di Mekkah kloter 7 sedang melakukan ibadah umrah, sa’i dan thawaf. ”Untuk suhu di Madinah sekarang mencapai 6-26 derajat celcius dengan kelembaban sekitar 22-89, sementara di Mekkah 23-36 derajat celcius dengan kelembaban 29-65,” terang dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s