Dua Daerah Siapkan Landasan Penerbangan Lintas Daerah

Posted: 24/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– Lahan Air Strip Susi Air Disiapkan
InformasiPagi, Sumsel

Rencana Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, yang akan membuka penerbangan/flight antar daerah di Sumsel semakin berkembang, setidaknya dua daerah sudah mempersiapkan lahan untuk dijadikan landasan terbang atau Air Strip.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, Ir H Sarimuda MT. Menurutnya, perkembangan penerbangan lintas daerah yang direncanakan Pemprov Sumsel, masih dalam tahap penyiapan lahan oleh daerah. Sejauh ini baru dua daerah yaitu Kabupaten Empat Lawang dan Lahat yang menyiapkan lahan, karena beberapa daerah sudah memiliki landasan terbang, seperti Lubuk Linggau dan Musi Rawas yaitu Bandara Silampari, OKUT, OKU Bandara Banding Agung, Pagaralam Bandara Atung Bungsu.
“Sekarang proses pengadaan lahan sedang disiapkan oleh Bupati, lahannya sudah ada, setelah lahan siap baru akan dibangun Air Strip atau landasan. Ada daerah yang belum perlu membuat landasan, karena daerah didekatnya sudah memiliki landasan terbang, sehingga untuk sementara dapat memanfaatkan landasan terbang daerah terdekat itu,” katanya diwawancara Sabtu (16/10).
Menurutnya, Air Strip direncanakan dibangun pada 2011 mendatang, setelah dibangun Air Strip, Pemprov Sumsel baru akan membicarakan lebih lanjut tentang penerbangan dengan maskapai penerbangan Susi Air.
Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, pernah mengatakan, tentang rencananya membuka penerbangan dari Palembang ke setiap ibukota kabupaten/kota di Sumsel setiap hari. Maskapai penerbangan yang akan diajak bekerjasama yaitu Susi Air, pesawat asli dari Indonesia, dengan jenis pesawatnya green caravan seri tahun 2009/2010, dengan delapan seat/tempat duduk. “Lapangan terbangnya cukup dengan lapangan rumput seribu meter, seluruh kabupaten/kota menyediakannya, pesawatnya juga sudah siap,” ujarnya.
Jika perkembangannya bagus kata Alex, maka tidak menutup kemungkinan jumlah penerbangan akan ditingkatkan dua kali dalam satu hari, bahkan juga akan diganti dengan pesawat yang berkapasitas lebih besar lagi. “Sistemnya nanti pihak penerbangan akan bekerjasama dengan BUMD,” katanya singkat.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s