Satgas Kebersihan Pemprov Sumsel Dibentuk

Posted: 23/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemprov Sumsel kini memiliki satuan tugas (satgas) khusus menangani pemeliharaan dan kebersihan di kawasan milik Pemprov Sumsel, mulai dari Kantor Gubernur, Griya Agung, Venues di Jakabaring dan lainnya. SEA Games 2011 nanti, satgas akan bekerja 24 jam.
Hal ini dikatakan Penanggung Jawab Satgas Pemeliharaan dan Kebersihan Pemprov Sumsel, Rusli Nawi, diwawancara di Kantor Gubernur, kemarin Jumat (15/10). Menurutnya, untuk menangani kebersihan lahan dan kawasan aset Pemprov Sumsel, seperti Kantor Gubernur dan Griya Agung, dan juga dalam rangka menyukseskan SEA Games 2011 mendatang dalam hal kebersihan venues, Pemprov Sumsel membentuk satgas pemeliharaan dan kebersihan. “Kita mulai aktif bekerja sejak 2 Oktober lalu, namun secara otentik SK Gubernurnya terbit pada 6 Oktober, kantornya di Gedung Gelora Sriwijaya Jakabaring,” jelas Rusli.
Ia mengatakan, dengan dibentuknya satgas kebersihan ini, mampu menyerap ratusan tenaga kerja lepas atau sektor informal, namun hingga kini baru terserap 100 pekerja, antara lain tukang sapu berjumlah 68 orang, sisanya tenaga pemangkas rumput dan lainnya. Untuk sarana prasarana sendiri, pihaknya telah memiliki 20 mesin rumput baik itu mesin rumput lapangan beroda dan ber-stir, mesin rumput gendong, mesin rumput dorong dan perlengkapan lainnya.
“Kita sudah melakukan pemeliharaan dan pembersihan, sehingga pada waktunya nanti pohon-pohon sudah tertata, rumput-rumput sudah bersih, tidak menyumbat selokan, dan lingkungan di kawasan aset Pemprov Sumsel dapat rapi dan bagus,” katanya.
Menurut Rusli, para pekerja kebersihan dan pemeliharaan tersebut, diberikan gaji Rp25 ribu per hari, dengan jam kerja sejak pukul 08.00-15.00 sore. Bahkan, pada 2011 pihaknya akan merekrut 200 pekerja lagi, dengan gaji yang akan dinaikkan menjadi Rp30 ribu per hari, karena para pekerja akan bekerja 24 jam dengan sistem bekerja dua shift, agar selama SEA Games kebersihan venues terjaga.
“Sesudah venues dipakai pagi, malamnya harus bersih, kalau venues dipakai malam paginya harus bersih. Dana gaji para pekerja ini berasal dari pos bantuan Gubernur,” terang dia,
Namun, satgas ini dibentuk tidak hanya untuk menyukseskan SEA Games, tapi seterusnya menjaga dan memelihara kebersihan kawasan dan aset Pemprov Sumsel. Satgas ini juga rencananya akan dibentuk menjadi badan, karena ini memang diperlukan,” terang dia.
Disinggung apakah akan berbenturan dengan tugas Dinas Kebersihan Kota, menurut Rusli, Satgas Kebersihan yang dibawahinya hanya menangani kawasan milik Provinsi Sumsel, seperti Gelora Bumi Sriwijaya, Lapangan Bumi Sriwijaya, Griya Agung, Kantor Gubernur dan lainnya. “Kalau kebersihan di kawasan jalan di luar aset Pemprov Sumsel misalnya di luar Gelora Sriwijaya, itu wewenang dinas kebersihan kota,” katanya lagi.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s